3 Komisioner KPK dan 9 Jenderal Ini Bertarung

Istri dan anak turut serta mendampingi Staf Ahli Kapolri/mantan Kapolda Lampung, Irjen Pol Ike Edwin mendaftar calon pimpinan

3 Komisioner KPK dan 9 Jenderal Ini Bertarung
tribunnews
Anang Iskandar, Capim KPK 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Istri dan anak turut serta mendampingi Staf Ahli Kapolri/mantan Kapolda Lampung, Irjen Pol Ike Edwin mendaftar calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupi (KPK), Kamis (4/7) di kantor Setneg, Jakarta Pusat. Hingga kemarin sore, sebanyak 348 calon telah mendaftar berasal dari berbagai latar belakang.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK Yenti Garnasih mengatakan, pendaftaran secara langsung, telah ditutup kemarin pukul 16.00 WIB. Sementara pendaftaran secara online, berkasnya masih ditunggu via email Kamis hingga pukul 24.00 WIB. Pansel memberikan waktu bagi pendaftar online karena banyak berkas yang harus discan dan dilampirkan.

"Sudah ada 348, ditambah lagi yang email-email belum masuk. Dari komisioner KPK ada tiga orang, dua mendaftar kemarin malam dan satu lagi menyusul. Mereka secara online ya. Kalau dari pegawai KPK ada 13. Untuk Polri ada dua kelompok yang aktif dan pensiun. Khusus yang aktif ada 9 orang," ujar Yenti.

Baca: Camelia Lumi Dambakan Sosok Pemimpin Sulut yang Merakyat dan Menerima Banyak Kritikan Membangun

Dari 348 kandidat, sembilan di antaranya adalah perwira tinggi polisi berpangkat Brigadir Jenderal hingga Inspektur Jenderal. Mereka adalah Irjen Pol Ike Edwin (Staf ahli Kapolri Bidang Sosial Politik/Mantan Kapolda Lampung), Irjen Pol Antam Novambar (Wakabreskrim), Irjen Pol Dharma Pongrekun (bertugas di Badan Siber dan Sandi Negara), Irjen Pol Coki Manurung (Widyaiswara Lemdiklat), Irjen Pol Abdul Gofur (Analis Kebijakan Utama bidang Polair Baharkam).

Kemudian, Brigjen Pol Muhammad Iswandi Hari (tugas di Kemenakertrans), Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto (dosen Sespim Polri), Brigjen Pol Agung Makbul (tugas di Divisi Hukum Polri), Brigjen Pol Juansih (Analis Kebijakan Utama Lemdiklat), Brigjen Pol Sri Handayani (Wakapolda Kalbar).

Terdapat juga pensiunan polisi bintang tiga, yakni Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar (mantan Kepala BNN dan Bareskrim Polri), serta Irjen Pol (Purn) Yotje Mende (Anggota Kompolnas/Mantan kapolda Papua) (lihat grafik).

Baca: 150 Dokter Spesialis Bedah Baru Dilantik Hari Ini di Manado

Berdasarkan pantauan Tribun Network, Irjen Ike Edwin mendaftar sendiri dan secara langsung untuk menjadi Calon Pimpinan (Capim) KPK, kemarin. Saat mendaftar, Ike Edwin menggunakan seragam dinas dengan dua bintang di pundak. Dia disertai istri dan anak hingga proses pendaftaran selesai.

"Alhamdulilah, tadi sudah daftar dan lancar. Saya memang baru hari ini daftar. Tadi daftarnya tidak lama hanya 30 menit," ujar Ike Edwin, mantan Kapolda Lampung itu di Kantor Setneg, Jakarta Pusat.

Ike Edwin mengaku sudah melapor kepada Kapolri JEnderal Tito Karnavian dan Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, sebelum maju menuju kandidat pimpinan KPK.
Sosok ternama yang mendaftar antara lain mantan Kepala Bareskrim Polri/mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Anang Iskandar. Ia medatangi Sekretariat Pansel calon pimpinan (Capim) KPK di Kementeriaan Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Anang tiba pukul 11.00 WIB. Anang yang tampak mengenakan baju batik cokelat lengan panjang terlihat hadir di Gedung I tempat Sekretariat Pansel calon pimpinan KPK. Ia terlihat didampingi salah seorang pria yang membawa sejumlah dokumen kertas yang dimasukan dalam map.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved