BUMN

KABAR GEMBIRA Gaji dan Tunjangan Direksi Bank BUMN Tahun Ini Bakal Naik, Intip Besaran yang Diterima

Dalam aturan baru itu, gaji direktur utama (dirut) akan ditetapkan dengan menggunakan pedoman internal yang ditetapkan Menteri BUMN.

KABAR GEMBIRA Gaji dan Tunjangan Direksi Bank BUMN Tahun Ini Bakal Naik, Intip Besaran yang Diterima
Fedo.Rizviyatmaja
BUMN 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabar gembira untuk para jajaran direksi bank-bank pelat merah bersama dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya akan mengalami kenaikan gaji tahun ini.

Ini sesuai dengan aturan baru yang dikeluarkan Menteri BUMN pada 31 Mei 2019 lalu.

Peraturan baru dengan nomor PER-01/MBU/05/2019 merupakan perubahan keempat atas peraturan Menteri BUMN nomor PER-04/MBU/2014 tentang pedoman penetapan penghasilan direksi, dewan komisaris, dan dewan pengawasan badan usaha milik negara.

Dalam aturan baru itu, gaji direktur utama (dirut) akan ditetapkan dengan menggunakan pedoman internal yang ditetapkan Menteri BUMN.

Sementara pada tahun lalu, gaji wakil dirut hanya 90 persen dari gaji dirut dan semua anggota direksi lain mendapatkan 85% dari gaji dirut.

Baca: KABAR TERBARU Anggota TNI Kopda Lucky Meninggal Dianiaya, Berawal Tersangka Merekam Korban

Baca: Wanita Cantik Ditangkap Polisi Karena Mencuri di Toko Emas, Saat Diperiksa Penyidik Dia Pun Menangis

Baca: Dua Politisi Cantik PSI Masuk Daftar Kabinet: PDIP Serahkan ke Jokowi Memilih Menteri

Baca: Gelar Pertemuan Empat Mata pada Juli: Ini Permintaan Prabowo kepada Jokowi

Baca: Pesan Khofifah kepada Mantan Ketum PPP

Baca: KEK Diserbu Investor, Tercatat 40 Perusahaan Siap Beroperasi

Adapun gaji komisaris utama 45 dari dirut, wakil komisaris utama 42,5 persen dari dirut, dan anggota komisaris 90% dari gaji komisaris utama.

Namun, bagi wakil dirut dan anggota direksi eksisting berdasarkan komposisi jabatan menyebabkan gaji yang diterima lebih kecil dari tahun sebelumnya maka penetapan gajinya akan disamakan dengan tahun sebelumnya.

 Adapun besaran tantiem wadirut juga dinaikkan dari sebelumnya 90 persen menjadi 95 persen dari tantiem yang diterima dirut, direktur yang membidangi SDM sebesar 90 persen dari dirut dan direksi lain sebesar 85 persen.

Melansir laporan tahunan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI, anggota indeks Kompas100) sebelas anggota direksi perseroan mendapatkan gaji dan tunjangan sebesar Rp 175,85 miliar pada tahun 2018, naik 15,9% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 151,72 miliar.

Bonus dan tantiem yang diperoleh mencapai Rp 272,53 miliar atau naik 38,74% dari tahun 2017 sebesar Rp 196,42 miliar.

Taruhlah contoh dibagi rata, maka gaji yang diperoleh satu orang direksi Bank Mandiri sekitar Rp 15,98 miliar serta bonus dan tantiem sekitar Rp 24,77 miliar.

Halaman
123
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved