Sejarah Indonesia

1 Juli Bukan Hari Lahir Polri, Lantas Kenapa Disebut Hari Bhayangkara? Berikut Penjelasannya

Tanggal 1 Juli identik dengan institusi Kepolisian Republik Indonesia. Di tangal ini, diperingati sebagai Hari Bhayangkara.

1 Juli Bukan Hari Lahir Polri, Lantas Kenapa Disebut Hari Bhayangkara? Berikut Penjelasannya
polri.go.id
Kapolri pertama Indonesia R.S Soekanto (duduk paling kiri).2 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tanggal 1 Juli identik dengan institusi Kepolisian Republik Indonesia. Di tanggal ini, diperingati sebagai Hari Bhayangkara. 

Bhayangkara sendiri diambil dari nama pasukan elit Majapahit, dibentuk pertama kali dengan dipimpin Aria Gajah Mada.

Di masanya, pasukan ini dipilih dari para pendekar-pendekar tangguh di kerajaan Majapahit. Bahkan konon kabarnya, pasukan ini memiliki kelebihan yang nyaris tak dimiliki prajurit manapun.

Bhayangkara dikenal memiliki loyalitas yang tinggi. Keselamatan raja dan kerajaan adalah tanggung jawab prajurit Bhayangkara.

Ketika Republik Indonesia berdiri, nama Bhayangkara digali kembali dan disematkan sebagai sebutan lain Kepolisian Republik Indonesia.

Meski begitu, ternyata 1 Juli yang diperingati Hari Bhayangkara bukanlah hari lahirnya Kepolisian Indonesia.

Sejarah Hari Bhayangkara

Dikutip dari Tribun Jogja, Hari Bhayangkara merupakan hari Kepolisian Nasional yang diambil dari momentum turunnya Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946.

Peraturan itu menyatukan kepolisian yang semula terpisah sebagai kepolisian daerah, menjadi satu kesatuan nasional dan bertanggung jawab secara langsung pada pimpinan tertinggi negara, presiden.

Dikutip dari CNN Indonesia, Pada 2015, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti pernah menegaskan bahwa Hari Bhayangkara bukanlah hari di mana Korps Bhayangkara lahir atau terbentuk.

Halaman
1234
Penulis: Reporter Online
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved