Jokowi Tumpang Mobil Amin Datangi KPU: Begini Ceritanya

Calon presiden petahana Joko Widodo menumpang mobil milik calon wakil presiden Ma'ruf Amin. Mereka kemudian semobil

Jokowi Tumpang Mobil Amin Datangi KPU: Begini Ceritanya
Tribunnews.com/Fransiskus
Jokowi dan Maruf Amin kompak gunakan pakaian bernuansa Putih-putih ke acara Penetapan Presiden 2019-2024 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Calon presiden petahana Joko Widodo menumpang mobil milik calon wakil presiden Ma'ruf Amin. Mereka kemudian semobil mendatangi kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Minggu (30/6) sore. Keduanya tiba tepat pukul 15.54 WIB, untuk menerima penetapan sebagai presiden dan wapres terpilih perioder 2019-2024. Adapun pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno tidak hadir.

"Menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Nomor Urut 01, saudara Ir H Joko Widodo dan Saudara Prof Dr HC KH Ma'ruf Amin dengan perolehan suara sebanyak 85.607.362 suara atau 55,50% dari total suara sah nasional sebagai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode Tahun 2019," kata Ketua KPU Arief Budiman dalam rapat paripurna di kantor KPU.

Baca: Tim Basket Putra Sulut Dibekali Pembentukan Team Work oleh Kodim Manado

"Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, ditetapkan di Jakarta tanggal 30 Juni 2019," kata Arief.

Rapat pleno penetapan presiden-wapres terpilih digelar tiga hari usai sidang putusan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan yang diajukan Prabowo-Sandi ditolak MK, dengan demikian Jokowi-Amin tetap sebagai pemenang pemilu presiden sesuai hasil rekapitulasi KPU, pada 21 Mei.

Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibacarakan Ketua KPU Arief Budiman membacakan keputusan yang menetapkan Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Jumlah perolehan suara Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019 adalah 85.607.362 atau 55,50 persen suara, sekaligus pemenang. Sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen suara. Selisih suara kedua pasangan mencapai 16.957.123 atau 11 persen suara.

KPU juga mengundang elite dari Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja turut hadir, yakni sebagian ketua umum partai dan sekjen partai pendukung. Sedangkan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang kalah di Pilpres 2019 tidak hadir dan diwakili saksi kubu 02 sekaligus Ketua DPP Partai Gerindra, Habiburokhman.

Pantauan Tribun Network, Minggu sore, Ma'ruf Amin menghampiri Jokowi ke Istana Merdeka. Jokowi dan Ma'ruf kemudian menunaikan salat Ashar berjamaah di Masjid Baiturrahim, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Amin yang menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) bertindak sebagai imam.

Usai salat, Jokowi dan Ma'ruf Amin, berangkat ke gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menghadiri undangan acara Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilu 2019. Jokowi dan Ma'ruf keluar dari kompleks Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu sekitar pukul 15:45 WIB. Saat menuju KPU, keduanya menumpang mobil yang sama yakni Toyota Alphard hitam bernomor polisi B 1757 ERM.

Baca:  Jokowi-Maaruf Pemenang Pilpres, Ini Analisa Pengamat Politik Max Rembang

Dari istana, Jokowi menumpang mobil Ma'ruf Amin. Mereka berangkat dari Istana Negara sekitar lima menit sebelum tiba di lokasi. Ma'ruf Amin turun dari pintu sebelah kanan atau di belakang sopir, sementara Jokowi dari sisi kiri mobil.

Keduanya kompak mengenakan atasan warna putih. Jokowi memakai kemeja berwarna putih, celana bahan berwarna hitam, dilengkapi dengan sneakers (sepatu jenis sol elastis, sepatu sport) hitam. Sementara itu, Ma'ruf Amin memakai baju koko berwarna putih yang dibalut jas dengan warna sama. Dia mengalungkan kain sorban berwarna putih di lehernya. Ma'ruf Amin memakai sarung berwarna hijau motif yang menjadi ciri khasnya.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved