Mantan Menpora Malaysia: Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

layak menggelar Piala Dunia 2034 karena didasari oleh fasilitas, infrastruktur, serta kemampuan finansial yang dimiliki.

Mantan Menpora Malaysia: Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah Piala Dunia
ISTIMEWA
ilustrasi: Piala dunia 2022 Qatar 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Indonesia layak menjadi tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia. Hal ini diungkapkan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin.

Ia menyatakan, kawasan Asia Tenggara (ASEAN) tetap berpeluang menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Khairy Jamaluddin menyarankan agar jumlah tuan rumah Piala Dunia 2034 tak lebih dari empat negara, dan yang dinilainya sudah siap adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Keempat negara tersebut, kata Jamaludddin, layak menggelar Piala Dunia 2034 karena didasari oleh fasilitas, infrastruktur, serta kemampuan finansial yang dimiliki.

"Demi alasan kepraktisan, tuan rumah tidak boleh lebih dari empat negara," ujar Jamaluddin dikutip dari kantor berita OANA pada Jumat (28/6/2019).

"Memang, dua negara paling ideal. Mungkin lebih banyak negara yang ikut pencalonan, tetapi keempat negara itulah yang paling ideal," kata dia.

Selain ditunjang aspek fasilitas, infrastruktur, dan finansial, keempat negara tadi dianggap punya penggemar sepak bola yang terbilang besar. Oleh karena itulah, Jamaluddin meyakini bahwa Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam punya persyaratan yang mumpuni sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2034.

"Sepak bola sangat populer di keempat negara tersebut," kata Jamaluddin. Berawal dari KTT ASEAN Selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, pada Minggu lalu, Ketua ASEAN yang juga Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan o-cha mengumumkan bahwa seluruh negara anggota setuju untuk mengajukan proposal sebagai tuan rumah pesta sepak bola terbesar sejagat itu.

Meski baru berbentuk rencana, para pemimpin negara ASEAN diberitakan menyambut baik rencana menawarkan diri sebagai tuan rumah bersama perhelatan Piala Dunia. Asean geared up to put in bid for FIFA World Cup 2034 https://t.co/y0Z9dU5wlW pic.twitter.com/T0OB6z73VD — TODAY (@TODAYonline) June 24, 2019

"Kami menyambut baik harapan ASEAN untuk membangun kerja sama dalam mengikuti penawaran bersama menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA," demikian pernyataan bersama pada KTT ASEAN ke-34 itu.

Sebelumnya, ada wacana bahwa seluruh negara anggota ASEAN (10 negara) menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Negara-negara itu adalah Thailand, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Brunei, Singapura, Myanmar, Kamboja, Vietnam, dan Filipina.

Namun, Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) Somyot Poompunmuang tak yakin bahwa hal itu akan terealisasi. "Tentunya mustahil bila semua negara anggota ASEAN menjadi tuan rumah bersama," kata Somyot.

"Persisnya, tuan rumah bersama hanya terdiri dari dua atau tiga negara," tutur mantan Kepala Kepolisian Thailand itu. Menurut Somyot, selain Thailand, ada Indonesia yang menyatakan diri berminat untuk mengikuti proses penawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

"Saya mendengar Indonesia menyatakan siap ikut penawaran," kata pria yang terpilih sebagai Presiden FAT pada 11 Februari 2016 itu. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia dan 3 Negara ASEAN yang Layak Jadi Tuan Rumah Piala Dunia", https://bola.kompas.com/read/2019/06/29/17150058/indonesia-dan-3-negara-asean-yang-layak-jadi-tuan-rumah-piala-dunia?page=all

Editor: Charles Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved