News Analisis

Terkait Putusan MK Sengketa Pilpres, Ferry Liando : Sudahi Polarisasi

Yang dikuatirkan kini adalah apakah semangat kenegarawanan yang dimiliki Prabowo akan diikuti oleh politisi-politisi di sekitarnya

Terkait Putusan MK Sengketa Pilpres, Ferry Liando : Sudahi Polarisasi
ryo noor/tribun manado
DR Ferry Liando Pengamat Politik Sulut, Pasangan SK-H2M Tergantung OD 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mahkamah Konstitusi akhirnya menyelesaikan rapat permusyawaratan hakim yang kemudian membacakannya.

Tentu semua pihak berharap bahwa tidak ada reaksi apapun yang timbul akibat putusan itu.

Dugaan pada waktu lalu bahwa pengajuan PHPU yang dilakukan pihak Prabowo-Sandi hanya salah satu cara untuk menunda pengesahan hasil pemilu.

Sebab penetapan KPU yang awalnya dijadwalkan tanggal 22 Mei ternyata itu dilakukan pada 21 Mei dan tidak diperkirakan sama sekali sehingga konsolidasi untuk melakukan perlawanan (people power) menjadi kacau balau.

Sehingga perlu waktu untuk melakukan gerakan konsolidasi dengan cara mengulur waktu pengesahan.

Dugaan itu terbantahkan ketika pada Selasa (11/6) Prabowo meminta para pendukungnya bersikap dewasa dan tenang dalam menyikapi apapun putusan Mahkamah Konstitusi ( MK) atas sengketa tersebut.
Sikap ini sangat mengharukan sekaligus memastikan bahwa Indonesia sebagai bangsa masih akan berumur panjang.

Tidak banyak politisi yang berjiwa negarawan seperti Prabowo. Bangsa ini masih begitu banyak politisi yang bertindak menghalalkan dengan cara apa saja guna ambisi politik merebut kekuasan.

Dari menghasut, mengadu domba, menyebar kebencian hingga memprovokasi.

Kerusuhan pada demonstrasi 21-22 Mei lalu menjadi bukti betapa hausnya para politisi ingin menggenggam kekuasaan dengan cara menghasut dan memprovokasi.

Yang dikuatirkan kini adalah apakah semangat kenegarawanan yang dimiliki Prabowo akan diikuti oleh politisi-politisi di sekitarnya.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved