Cerita Ma'ruf Bikin Jokowi Tertawa saat Nobar Sidang Putusan MK

Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) menemui calon wakil presiden Ma'ruf Amin, di kediaman Ma'ruf di Jalan Situbondo

Cerita Ma'ruf Bikin Jokowi Tertawa saat Nobar Sidang Putusan MK
antara
Presiden Jokowi didampingi Ma'ruf Amin menyampaikan pidato di Lanud Halim Perdanakusuma usai putusan MK, Kamis (26/6/2019) malam. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) menemui calon wakil presiden Ma'ruf Amin, di kediaman Ma'ruf di Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Kamis (27/6) malam, bertepatan berlangsungnya pembacaan putusan putusan sengketa Pilpres 2019 oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain mempersiapkan pidato atas putusan sengketa pilpres, keduanya sempat nonton bareng (nobar) siaran langsung sidang putusan tersebut dari layar televisi 29 inci yang ada di ruang pertemuan rumah Ma'ruf.

Baca: Pendemo di MK Alami Ini usai Makan Roti

Pertemuan dan nobar Jokowi dan Ma'ruf turut dihadiri Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU), Masduki Baidlowi.

Masduki mengungkapkan, pertemuan dan acara nobar tersebut berlangsung dengan santai dan penuh canda tawa. Bahkan, Ma'ruf sempat berkelakar atau berguyon atas pembacaan putusan MK yang disaksikannya dari layar televisi. Seketika kelakar cawapres berusia 76 tahun itu membuat Jokowi dan Pratikno tertawa.

Masduki menceritakan, mulanya dalam pertemuan sembari nobar sidang putusan MK itu, Jokowi menanyakan kabar Ma'ruf. Begitu pun sebaliknya. Dan Ma'ruf menceritakan soal aktivitas sehari-hari, terutama kegiatan olahraga pagi yang biasa dilakukannya. "Presiden ngobrol santai bersama KMA. Nanya soal kesehatan, KMA cerita soal olahraga pagi," tutur Masduki.

Dan pada suatu ketika, keduanya sempat saling melontarkan guyonan mengenai materi sidang putusan MK yang disaksikannya di layar televisi.

"Ada guyonan juga. Pak Jokowi dan Pak Pratikno tertawa ketika Kiai Ma'ruf Amin bercerita soal sidang MK. Kata Kiai Ma'ruf Amin, mungkin saking capeknya hakim MK, sehingga saat mengucapkan kata Aquo KUWO salah ucap menjadi AQUA," kata Masduki yang menurut penuturannya suasana menjadi begitu cair. Keempatnya pun tersenyum lebar.

Masduki mengungkapkan, semula Jokwi berniat datang ke rumah tersebut untuk makan malam bersama Ma'ruf Amin dan dilanjutkan dengan menyampaikan pidato atas sidang putusan gugatan hasil Pilpres oleh MK. Namun, niatan itu urung dilakukan lantaran sidang pembacaan putusan oleh sembilan hakim MK berlangsung hingga malam hari.

"Pak Jokowi cerita, awalnya mau makan malam di rukah Kiai Ma'ruf Amin dengan diawali Salat Maghrib bersama. Ternyata tidak jadi karena sidang MK molor sampai malam," tutur Masduki.

Baca: Ini Ajakan Gubernur Olly untuk Kubu 01-02: Gerindra Tanggapi soal Rekonsiliasi

Jokowi datang dengan mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Sementara Ma'ruf mengenakan baju koko putih, sarung dan peci hitam. Setelah berada di rumah Ma'ruf selama sekitar 20 menit, Jokowi mengajak Ma'ruf meninggalkan lokasi dengan menumpangi mobil Mercedes Benz. Jokowi mengajak Ma'ruf ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved