Joker Nasdem Incar Takhta PDIP: Ini Beberapa Lawan Tanggung OD-SK

Olly Dondokambey-Steven Kandouw 2 periode makin mengkristal. Partai Nasdem menyiapkan ‘joker’ menghadapi dominasi

Joker Nasdem Incar Takhta PDIP: Ini Beberapa Lawan Tanggung OD-SK
Istimewa
Ketua DPW Nasdem Sulut Max Lomban dan Kompewil Nasdem Sulut Felly Runtuwene menyampaikan pencapaian partai di Pemilu 2019 di Wisata Bahari Manado, Minggu (12/5/2019) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Olly Dondokambey-Steven Kandouw 2 periode makin mengkristal. Partai Nasdem menyiapkan ‘joker’ menghadapi dominasi petahana jelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara 2020.

Mencuat nama Vicky Lumentut, Elly Lasut dan Benny Mamoto untuk bursa calon gubernur. Tatong Bara, Yasti Soepredjo Mokoagouw dan Felly Runtuwene di posisi papan dua, calon wakil gubernur.

Partai besutan Surya Paloh ini punya modal 9 kursi DPRD Sulut, cukup mengusung calon tanpa koalisi partai lain. Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sulut, Viktor Mailangkay mengatakan, Nasdem punya mekanisme untuk menjaring calon.

Baca: Gerindra Masuk Kabinet Jokowi: Begini Komentar Jusuf Kalla

Tahapan itu akan dilalui, ada prosesnya. Tapi belakangan, sudah berkembang nama-nama yang siap bertarung di Pilgub 2020.

Viktor membenarkan beberapa nama bersedia maju Pilgub yakni Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL) Wali Kota Manado, Elly Englebert Lasut (E2L) Bupati Talaud terpilih, dan Vonnie Aneke Panambunan (VAP) Bupati Minahasa Utara dan Benny Mamoto.

"Yang terdengar di internal seperti itu (GSVL, E2L dan VAP) tapi kalau di esternal sudah tahu berarti sudah beredar ke luar, " ujar mantan politisi Partai Golkar kepada tribunmanado.co.id, Selasa (25/6/2019). Beberapa nama ini sudah mencuat, tapi Nasdem tetap terbuka untuk seleksi calon.

Hitung-hitungan soal peluang. E2L saat ini masih tercatat sebagai Ketua DPW Partai Berkarya Sulut. Viktor mengakui, sampai hari ini E2L belum tercatat sebagai kader Nasdem. "Secara formil belum, tapi secara materil tidak usah ditanya lagi," kata Viktor.

Artinya keberadaan dan aktivitas politik E2L sama-sama dengan Nasdem. "Anak, istri milik berharga dari dia (E2L) ada di Nasdem, " kata dia. Sekadar informasi putri E2L, Hillary Brigitha Lasut Anggota DPR RI terpilih dari Nasdem, sementara istri Telly Tjanggulung Ketua DPD Nasdem Mitra. "Nanti proses lain kalau mendaftar, ada pembicaraan dengan Nasdem kalau mau diusung," ungkap dia.

Baca: Kontestasi Pilkada di Kabupaten Ini Makin Panas, Lolong: Kami Punya Banyak Kader

Kemudian GSVL. Pilgub menjadi panggung karier politik berikutnya. GSVL sudah dua periode memimpin Kota Manado, begitu pun VAP terhitung dua periode memimpin Kabupaten Minut. Sementara E2L masih akan menjabat Bupati Talaud 5 tahun ke depan. Sesuai aturan, E2L tak perlu mundur dari jabatan Bupati Talaud untuk maju di Pilgub.

Bakal maju di pilgub, Bupati Minut Vonnie Panambunan
mempersiapkan singgasana buat sang anak Sintia "Dede" Rumumpe.
Dede disebut bakal maju di Pilkada Minut sebagai calon bupati dari Partai Nasdem.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved