Berita Daerah

Jadi Pelaut Handal dan Bersertifikasi

Pendidikan dan pelatihan (Diklat) pemberdayaan Basic safety trainning (BST), Advance Fire fighting (AFF) dan Security awarness trainning (SAT)

Jadi Pelaut Handal dan Bersertifikasi
istimewa
kolase antara Kepala KSOP Bitung Mursidi dan kepala Diklat Pelayaran Minsel Bharto Ari Raharjo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pendidikan dan pelatihan (Diklat) pemberdayaan Basic safety trainning (BST), Advance Fire fighting (AFF) dan Security awarness trainning (SAT) tahun 2019 oleh Balai Diklat Pelayaran di Kabupaten Minahasa Selatan diikuti 119 peserta dari Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Mursidi, Kepala kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP) Bitung, kegiatan ini merupakan program pemerintah kementrian perhubungan melalui direktorat perhubungan laut, inginkan masyarakat di wilayah pesisir dan pelabuhan diberikan Diklat pemberdayaan masyarakat kerjasama dengan Balai Diklat Pelayaran Minsel.

"Tujuannya Diklat pemberdayaan BST, AFF dan SAT supaya ada pemahaman bagaimana menjadi pelaut handal, tapi juga memiliki sertifikati," kata Mursidi kepada Tribunmanado.co.id.

Pembukaan Diklat berlangsung di balai pertemuan umum (BPU) kantor Walikota Bitung, dihadiri Wali kota Bitung Max Lomban dan dihadiri langsung kepala balai Diklat Pelayaran (BDP) Minsel Capt Bharto Ari Raharjo.

Pemahaman tentang berlayar, menanggulangi kecelakaan di laut, kebakaran dan lainnya bisa di pahami dan dimengerti oleh total 150 perserta diantaranya 119 peserta dari Bitung.

Kedepan paska mereka melakukan Diklat, KSOP dengan BDP Minsel akan melakukan hal yang sama membuka untuk para nelayan agar mereka mengerti dan memiliki sertfikasi yang jelas.

Baca: Dua Jenderal Polisi Didorong Masuk Bursa Pilgub Sulut 2020 Siapa Saja Mereka?

Baca: Berkemilau bak Emas, Kepompong Kupu-kupu Cantik Ini Kerap Dijadikan Hoaks

Baca: Dalam Satu Tahun, Real Madrid dan Barcelona Banyak Membuang Pemain Spanyol

"Mereka bisa berlayar tapi tidak punya sertifikasi. Melalui pelatihan ini mereka paham keselamatan di laut," tambahnya.

Kepala balai Diklat Pelayaran (BDP) Minsel Capt Bharto Ari Raharjo, mengatakan ratusan peserta akan melaksanakan Diklat selama 14 hari di Minsel.

Setelah selesai mereka akan diberikan sertfikat. "Kebanyakan dari mereka sudah bekerja, hanya saja legal aspek belum terpenuhi," kata Bharto.

Selama menjalani Diklat ke 150 peserta akan menerima materi dari instruktur dan pelatihan bersertifikat Nasional dan Internasional, mengenai penyelamatan di kapal, bagaimana pencegahan dan bagaimana cara mengatasi kebakaran di kapal serta mengenal security di kapal.

Halaman
123
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved