Begini Reaksi Vanessa Angel saat Dengar Vonis 5 Bulan Penjara

Vanessa Angel menangis setelah divonis penjara 5 bulan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya.

Editor: Lodie_Tombeg
tribunnews
Vanessa Angel menangis setelah divonis penjara 5 bulan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (26/6/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Vanessa Angel menangis setelah divonis penjara 5 bulan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya. Vanessa langsung memeluk salah satu pengacaranya, Khalisa Permatasari, begitu mendengar hakim mengucapkan vonis penjara itu.

Lalu Vanessa keluar ditemani tim kuasa hukumnya. Sekitar tujuh pengacara mengawal artis FTV tersebut. Para kuasa hukum pun mendekati serta menenangkan Vanessa. Saat ditemui, salah satu pengacara Khalisa mengaku bahwa tangis Vanessa adalah pertanda kekecewaan dirinya atas vonis tersebut.

Baca: Panitia Cantik Relawan Jokowi Menghiasi Acara Halalbihalal, Cecilia Jadi Bahan Rebutan Foto

"Yang pasti dia kecewa atas vonis itu dan Vanessa nggak puas dengan hukuman itu, dia berharapnya bebas. dia hanya bilang bahwa dia ingin pulang," ujar Khalisa.
Majelis hakim yang diketuai Dwi Purwadi memvonis Vanessa dengan hukuman penjara selama lima bulan. Vonis tersebut terhitung selama Vanessa ditahan.

Dia dinyatakan terbukti bersalah atas dugaan penyebaran konten asusila dan melanggar Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat 1 UU RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Mengadili Vanesza Adzania alias Vanessa Angelia Adzan alias Vanessa Angel terbukti secara sah dan menyakinkan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

Menjatuhkan pidana kepada Vanessa dengan pidana selama 5 bulan," ujar hakim.

Baca: Tetty Paruntu Mantap Maju Pilgub 2020, Golkar Buka Peluang Berkoalisi

Menanggapi tuntutan tersebut, Vanessa kemudian berkonsultasi dengan tim kuasa hukum hukumnya yang diketuai oleh Milano Lubis. Ia mengatakan vonis hukuman 5 diterimanya dan tak mengajukan banding.

Vanessa Angel

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Pria Pemesan Vanessa Angel Tak Hadir di Persidangan saat Diundang Jadi Saksi, https://wow.tribunnews.com/2019/04/02/pria-pemesan-vanessa-angel-tak-hadir-di-persidangan-saat-diundang-jadi-saksi.

Editor: Astini Mega Sari
Vanessa Angel Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Pria Pemesan Vanessa Angel Tak Hadir di Persidangan saat Diundang Jadi Saksi, https://wow.tribunnews.com/2019/04/02/pria-pemesan-vanessa-angel-tak-hadir-di-persidangan-saat-diundang-jadi-saksi. Editor: Astini Mega Sari (SURYA.CO.ID/AHMAD ZAIMUL HAQ)

"Menerima yang mulia," kata Vanessa, kepada hakim, menanggapi putusannya.

Bila dihitung masa tahanan Vanessa sendiri, kuasa hukum Vanessa Abdul Malik menyatakan Vanessa dapat bebas pada tanggal 29 Juni 2019 mendatang. Akan tetapi, pihak Jaksa Penuntut Umum masih mengaku pikir-pikir.

"Vanessa kan ditahan sejak 31 Januari dan bisa bebas bila menurut putusan hakim pada 29 Juni mendatang," kata Jaksa Novan. Selain itu, barang bukti berupa handphone dan uang senilai Rp 35 juta akan dikembalikan.

Tidak Ada Persiapan

Sebelum persidangan vonis digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, salah satu Penasihat Hukum Vanessa Angel, Abdul Malik mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi pembacaan vonis tersebut.

Baca: Tahun Depan BPMD Bolsel Bikin BUMDes Award

"Iya benar, hari ini jadwalnya dibacakan vonisnya. Tidak ada persiapan. Karena kita nanti hanya akan mendengarkan dulu bagaimana putusannya," ujarnya.

Ditanya bila nantinya Vanessa divonis bersalah, mengingat ketiga terdakwa sebelumnya yang disebut sebagai mucikari oleh polisi, dinyatakan bersalah oleh hakim dalam pasal penyebaran konten asusila, Malik mengatakan belum dapat memberikan komentar. Ia beralasan, pada prinsipnya semua keputusan nantinya tetap akan diserahkan ke Vanessa Angel.

"Ya nanti tetap akan kita serahkan ke Vanessa, apakah banding atau tidak jika divonis bersalah. Kan juga belum tentu divonis bersalah. Tapi yang jelas, kita ikuti dulu proses persidangannya nanti," ujarnya.

Vanessa Angel keluar Rutan Medaeng sekitar pukul 12.31 WIB dengan memakai rompi tahanan berwarna merah nomor 24 bertuliskan Kejari Surabaya. Vanessa Angel tak berbicara satu patah kata pun. Terlihat dirinya sehat dan siap untuk menjalani persidangan. Padahal dua hari sebelumnya, ia mengeluh sakit.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya, Dwi Enis Hermawati mengatakan memang Vanessa sempat sakit. "Memang dua hari sebelumnya kena diare dan vertigo. Sepertinya (penyebab sakit) karena pola makan. Katanya kondisi perut belum makan tapi sudah minum kopi," ujarnya.

Namun ia menjelaskan pihak rutan sudah memberi obat sehingga kondisinya sudah kembali sehat. "Vanessa datang ke poliklinik langsung dikasih obat sama tim medis Rutan Perempuan, dan sekarang sudah sembuh," tandasnya. (tribun Network/fin/tis/wly)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved