Bitung

Kota Bitung Bakal Miliki 30 Pemandu Wisata Alam Selam

Latihan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Pariwisata dengan ketua POSSI Bitung, Khouni Lomban Rawung

Kota Bitung Bakal Miliki 30 Pemandu Wisata Alam Selam
IST
Kota Bitung Bakal Miliki 30 Pemandu Wisata Alam Selam 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 30 orang dari himpunan Pariwisata Kota Bitung, anggota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Possi) Bitung dan Putra-Putri Bitung mengikuti latihan menyelam, Sabtu (22/06/2019).

Latihan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Pariwisata dengan ketua POSSI Bitung, Khouni Lomban Rawung.

"Mereka dilatih menjadi pemandu wisata alam selam Kota Bitung‎ dan menciptakan pemandu-pemandu wisata alam selam yang mampu melaksanakan tugasnya sesuai protap Possi," kata Pingkan Kapoh Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung, Minggu (23/06/2019).

Pihaknya berharap pemandu wisata alam selam di Kota Bitung lewat pelatihan dari pelatih selam bersertifikasi, akan menjadi diver handal dan kompeten, tersertifikasi secara legal dan dapat memperkenalkan pesona Bahari di Kota Bitung kepada Dunia.

Terlebih dapat menjadi pemandu wisata yang peduli lingkungan, yaitu dengan turut menjaga kebersihan laut dengan memperkenalkan budaya tidak membuang sampah di laut kepada wisatawan atau tamu yang didampingi.

Sebagai pemandu wisata selam juga harus bisa menjaga kelestariam alam bawah laut dengan tidak merusak karang dan biota laut, serta mendukung konservasi alam bawah laut dengan turut aktif dalam kegiatan transpalansi karang bersama Possi Bitung dan pemkot Bitung.

Selama pelatihan  ke 30 peserta dibekali dengan Bitung Bahari Berseru (B3) dengan paparan tentang potensi pariwisata kota Bitung secara umum dalam konsep 5 pesona dari dinas Pariwisata.

"Di materi B3 juga diangkat perkembangan dan perseptif pariwisata kota Bitung. Materi kepemaduan wisata selam tentang bagaimana menjadi pemandu wisata alam yang sesuai dengan standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) legalitas dan tersertifikasi oleh Asesoa pariwisata Selam Franky Runtukahu serta pelatihan selam tingkat dasar yaitu materi dasar selam, latihan keterampilan kolam dan latihan perairan laut," tandasnya.‎

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved