Pemprov Riau Izinkan ASN Perjalanan Dinas Terbang Melalui Malaysia

Malah cenderung ASN bisa nombok karena mahalnya harga tiket pesawat. Selain itu, jadwal penerbangan kini terbatas.

Pemprov Riau Izinkan ASN Perjalanan Dinas Terbang Melalui Malaysia
net
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Karena mahalnya harga tiket untuk perjalanan dinas, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Riau diizinkan perjalanan dinas terbang melalui Malaysia.

Menurut Kepala Biro Humas Pemprov Riau Firdaus, untuk perjalanan dinas setiap ASN disediakan sebesar Rp 3,5 juta untuk tiket pesawat pulang pergi Pekanbaru Jakarta.

"Sedangkan harga tiket pesawat mencapai Rp 6 juta untuk keberangkatan saja, sehingga anggaran yang disediakan tidak mencukupi untuk pembelian tiket pesawat," ucap Firdaus saat memberikan konfirmasi kepada Kompas.com, Rabu (19/6/2019).

Anggaran biaya perjalanan tidak mencukupi untuk membeli tiket pesawat. Malah cenderung ASN bisa menombok karena mahalnya harga tiket pesawat. Selain itu, jadwal penerbangan kini juga terbatas.

"Apabila melakukan transit ke Malaysia atau Singapura dari Pekanbaru setelah itu baru ke Jakarta, dananya jauh lebih murah," ucap Firdaus.

"Lewat Padang itu pun terlalu mahal dan tidak mencukupi anggaran. Untuk itu kami meninta pihak kementerian yang menangani seperti kementerian perekonominan mengizinkan ASN di Provinsi Riau apabila melakukan perjalanan dinas ke jakarta atau daerah lain untuk dapat transit ke Singapura atau Malaysia agar dapat menghemat anggaran Pemprov Riau," kata Firdaus.

Kenaikan harga tiket pesawat ini juga dirasakan oleh Gubernur Riau, Syamsuar saat melakukan perjalanan dinas ke Jakarta baru baru ini.

Sebelumnya, dalam beberapa pertemuan, Gubernur Riau telah menyampaikan kepada pihak kementerian agar menjadi bahan pertimbangan dari kementerian terkait untuk memberikan izin transit di Singapura atau Malaysia.

"Untuk perjalanan dinas ke Jakarta, ASN Pemprov Riau biasanya harus melakukan kunjungan kerja untuk koordinasi ke pemerintah pusat. Selisih harga tiket dari Malaysia dan Singapura ke Jakarta itu tentunya akan menghemat biaya anggaran kita," ungkap Firdaus.

Selain itu, lanjut Firdaus, bukan hanya persoalan tiket yang mahal saja. Terkadang, jadwal penerbangan juga terbatas sejak harga tiket pesawat mahal. Jadwal penerbangan yang kini terbatas juga merepotkan ASN untuk melakukan perjalanan dinas.

"Gubernur Riau Syamsuar akan mengirim surat resmi ke pemerintah pusat rencana transit pesawat di Malaysia dan Singapura. Wacana ini tentunya dalam rangka menghemat anggaran perjalanan dinas," katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiket Pesawat Mahal, Pemprov Riau Izin Perjalanan Dinas Terbang Melalui Malaysia", https://regional.kompas.com/read/2019/06/20/13054631/tiket-pesawat-mahal-pemprov-riau-izin-perjalanan-dinas-terbang-melalui

Editor: Charles Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved