Berita Bitung

Masih Ada yang Memaksakan Anaknya Masuk Sekolah di Luar Zonasi

Hingga saat ini proses penerimaan peserta didik siswa baru di Kota Bitung masih terus dibuka.

Masih Ada yang Memaksakan Anaknya Masuk Sekolah di Luar Zonasi
TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Julius Ondang, Kepala Dinas Pendidikan daerah Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menerangkan, hingga saat ini proses penerimaan peserta didik siswa baru di Kota Bitung masih terus dibuka.

Baik di sekolah negeri maupun swasta.

Proses pendaftaran di 36 sekolah SMP negeri dan swasta di Kota Bitung sampai pada tanggal 29 Juni 2019 dan untuk tingkat SMA sederajat prosesnya ditangani oleh Dinas Pendidikan daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Nah, terkait zonasi sampai sekarang masih ada yang memaksaan anak mereka untuk masuk di sekolah yang diluar zonasi," kata Ondang kepada Tribunmanado.co.id, Kamis (20/06/2019).

Hal tersebut kata Ondang berpeluang terjadi anak yang akan masuk sekolah di luar zonasinya lewat jalur prestasi atau orang tua pindah kerja.

Dia mencontohkan kalau kuota di SMPN 2 Bitung di Kelurahan di Kelurahan Madidir Unet Kecamatan Madidir sebanyak 300 orang, memungkin peserta di luar zonasi masuk dengan presentasi 15 - 16 orang lewat jalur prestasi dan orang tua pindah kerja.

Adapun prestasi yang dimaksudkan meliputi bidang olahraga, akademik, kesenian dituangkan dalam bentuk surat keputusan atau piagam penghargaan.

Bukti prestasi anak yang akan masuk di sekolahnya yang berada di luar zonasinya akan disertakan dalam dokumen pendaftaran siswa baru.

"Kalau kuota jalur prestasi dan orang tua pindah kerja di satu sekolah sudah melebihi kuota jalan keluarnya dilakukan tes akademik," jelasnya.

Sementara itu untuk sekolah SMP di Kota Bitung yang tengah melakukan penerimaan siswa baru, jika sudah melebihi kuota akan di lihat dokumen pendaftaran dan nilai serta yang terdekat dengan zona sekolah.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved