Ceraikan Istri di Usia Pensiun, Pria Ini Bayar Ganti Rugi Rp 2,6 M: Ini Alasan Hakim Jatuhi Vonis

Kisah perceraian dari Negeri Tango, Argentina ini mengundang perhatian dunia. Hakim pengadilan di Argentina dilaporkan

Ceraikan Istri di Usia Pensiun, Pria Ini Bayar Ganti Rugi Rp 2,6 M: Ini Alasan Hakim Jatuhi Vonis
afp
Ilustrasi perceraian 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BUENOS AIRES - Kisah perceraian dari Negeri Tango, Argentina ini mengundang perhatian dunia. Hakim pengadilan di Argentina dilaporkan memerintahkan kepada seorang pria untuk membayar ganti rugi kepada mantan istrinya.

Hakim Victoria Fama membuat keputusan itu setelah mempertimbangkan betapa timpangnya peran pasangan tua itu selama 30 tahun pernikahan mereka sebelum bercerai.

Si perempuan berinisial ML merupakan ibu rumah tangga selama 27 tahun meski mempunyai gelar sarjana di bidang Ekonomi. Sementara mantan suaminya pergi bekerja. Dilansir Oddity Central Rabu (19/6/2019), ML memutuskan untuk mengurus rumah dan membesarkan anak-anaknya.

Baca: Iran Tembak Jatuh Drone, AS Kirim 1.000 Tentara: Di Ambang Perang Timur Tengah

Ketika mereka akhirnya berpisah, si istri sudah terlalu tua. Dalam keterangannya, Hakim Fama menjelaskan bahwa si suami sudah meninggalkan istrinya ketika berusia 60 tahun.

Usia di mana dia seharusnya menikmati pensiun. "Ketergantungan ekonomi si istri kepada suami merupakan salah satu mekanisme utama di mana perempuan sering terpinggirkan dalam masyarakat," kata Fama.

Karena itu, Hakim Fama pun memerintahkan suami yang tidak disebutkan identitasnya itu untuk memberikan ganti rugi sebesar 8 juta peso, sekitar Rp 2,6 miliar.

Pasangan itu dilaporkan berpisah pada 2009 dan bercerai dua tahun berselang. Sejak itu, ML mengalami kesulitan finansial karena tidak bisa mendapatkan pekerjaan.

Sementara mantan suaminya berada dalam kondisi "kehidupan enak". Wakil Direktur Eksekutif Latin American Justice and Gender Team Lucia Martelotte, kasus itu sangat menarik.

"Sebabnya, kami mengakui apa yang kami lakukan di rumah adalah pekerjaan yang membutuhkan usaha, waktu, dan tenaga. Namun tidak mendapatkan gaji," katanya. Hakim Hakim menuturkan jumlah ganti rugi yang diperintahkan merupakan jumlah wajar untuk menyeimbangkan situasi ekonomi yang dialami mantan pasangan itu.

Baca: Ini Fakta soal Pendaftaran CPNS 2019 di Kemenag RI Melalui Blog dan Facebook

Selain itu, usia si istri ketika ditinggalkan suaminya juga menjadi pertimbangan. Banyak pengacara di Argentina menyebut keputusan tersebut "mengejutkan".

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved