Berita Minahasa

Ini yang Disampaikan Kadispotmar Mabesal pada Warga Saat Seminar

Dalam rangka mendukung Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) 2019, pihak TNI AL bersama Pemkab Minahasa menggelar seminar.

Ini yang Disampaikan Kadispotmar Mabesal pada Warga Saat Seminar
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Ini yang Disampaikan Kadispotmar Mabesal pada Warga Saat Seminar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KAKAS - Dalam rangka mendukung Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) 2019, pihak TNI AL bersama Pemkab Minahasa menggelar seminar.

Seminar itu bertajuk 'Pemberdayaan Ekonomi dan Kepedulian Lingkungan Kabupaten Minahasa'.

Seminar yang dibawakan oleh moderator Kasi Geomar Subdis Daya Guna Dispotmar Mabesal Letkol Laut Darmawi Hamid ini bertempat di Dusun Tasuka, Desa Tounelet, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Senin (17/06/2019).

Dalam kegiatan tersebut diadakan Seminar dengan materi-materi yang disampaikan diantaranya tentang Upaya Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam Pengelolaan Danau Tondano disampaikan oleh Bupati Minahasa Royke Roring.

Materi tentang Kelestarian Lingkungan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulut Marly Gumalag.

Materi tentang Proses Produksi Pakan Ternak berbahan Eceng Gondok oleh Agus Agani dari PT Raja Ampat Indotim.

Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Mabes TNI AL Brigjen TNI Donar Philip Rompas menyampaikan seminar ini merupakan kepedulian TNI AL untuk ikut membantu Program Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Implementasi Pemberdayaan wilayah pertahanan laut dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan potensi maritim dalam pelaksanaannya melalui metode pembinaan ketahanan wilayah, komunikasi sosial, dan bakti TNI," katanya.

"Danau Tondano yang berada di depan kita menjadi begitu penting keberadaannya yang apabila dikelola dengan baik maka akan mampu meningkatkan ketahanan pangan dan menambah pendapatan sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar," lanjutnya.

Ia mengatakan kondisi saat ini Danau Tondano dengan luasnya cakupan 20% tertutup oleh tanaman eceng gondok berbagai pihak berupaya mengendalikan tanaman tersebut.

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved