Cope West 2019

Cope West 2019 Manado Menandai 70 Tahun Kemitraan Indonesia-AS

Latihan tempur TNI AU dan US Air Force bersandi Cope West 2019 menandai perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat.

Cope West 2019 Manado Menandai 70 Tahun Kemitraan Indonesia-AS
Tribun Manado/Fernando Lumowa
Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr (kiri) berbicara dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Konjen AS di Surabaya, Mark McGovern di VIP Pemda Sulut Bandara Sam Ratulangi Manado usai pembukaan Cope West 2019, Senin (17/06/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID  - Latihan tempur TNI AU dan US Air Force bersandi Cope West 2019 menandai perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat.

Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr mengatakan, pihaknya bangga bisa menggelar Cope West untuk ketiga kalinya di Manado

"Ini memang rutin kita lakukan tapi tahun ini spesial karena tepat di 70 tahun kemitraan Indonesia dan AS," kata Donovan usai pembukaan Cope West.

Kata Donovan, setiap tahun militer AS menggelar sedikitnya 200 latihan bersama TNI. "Dan ini salah satunya, di mana di Manado sudah ketiga kalinya," ujar Donovan.

Baca: Cope West 2019, Latihan Bersama TNI AU - US Air Force di Manado Dimulai

Baca: Karni Ilyas Bikin Apa Saat Cuti Hingga ILC Tak Tayang?

Baca: Ini Penyebab ILC TV One Istirahat Tayang Setelah Pilpres 2019

Menurutnya, AS terus berupaya bekerja sama dengan Indonesia untuk mendorong hubungan pertahanan di Kawasa Pasifik.

Ia berharap latihan militer selama dua pekan meningkatkan hubungan dan kesepahaman dua pihak dalam hal pengamana regional.

Cope West 2019 merupakan edisi ketujuh digelar di Indonesia. Latihan ini digelar pertama kali pada tahun 1989 dengan tujuan berbagi taktik, teknik, dan prosedur pengamanan udara. (ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved