Manado

Pasca Meninggalnya Turis Cina di Bunaken, Kadispar Manado Imbau Operator Tur Ikuti SOP

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado, Lenda Pelealu memberi imbauan kepada seluruh operator tur

Pasca Meninggalnya Turis Cina di Bunaken, Kadispar Manado Imbau Operator Tur Ikuti SOP
Tribun Manado/Siti Nurjanah
Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado, Lenda Pelealu 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado, Lenda Pelealu memberi imbauan kepada seluruh operator tur.

Imbauan ini keluar menyusul kejadian meninggalnya turis asal Cina bernama Xie Wei (sebagaimana yang tertera di passport).

Turis ini meninggal karena tenggelam saat sedang melakukan snorkeling dan sesi foto di Taman Laut Nasional, Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa 11 Juni 2019.

"Kami mengimbau kepada seluruh operator tur untuk mengikuti SOP (standar operasional prosedur). Sebetulnya SOP dibuat untuk meminimalisir kejadian seperti itu," jelasnya, kepada Tribunmanado.co.id, Kamis (13/6/2019) di Kantor Disparbud Kota Manado.

Kesalahan-kesalahan tersebut tak pernah diketahui kapan dan di mana akan terjadi, maka dari itu, demikian Lenda, kepada semua yang hendak snorkeling baik pribadi maupun dari operator tur agar mengikuti SOP yang sudah ada.

"Sekarang masih sementara diselidiki, tapi sepanjang yang kita tahu, selama kita ikuti SOP itu seharusnya tidak ada masalah. Kalau ada sakit tertentu seharusnya tidak boleh snorkeling. Namun untuk kejadian yang kemarin kami belum tahu penyebabnya apa. Intinya ikut aturan saja," jelasnya.

Terkait pengecekan lisensi, peralatan snorkeling hingga tour guide Lenda mengaku pihaknya sering melakukan pengecekan sesuai prosedur.

"Kami sering adakan cek lisensi, cek peralatan dan tour guide setiap tahunnya. Karena ini industrinya milik dia, seharusnya kan dijaga kalau ada yang meninggal seperti ini siapa lagi yang mau. Lebih ke mereka (operator tur) jaga saja," tutupnya. 

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved