Elric Mosal Prihatin Tewasnya Turis Cina di Bunaken, Menyelam atau Snorkeling Harus Sesuai Standar

Kecelakaan yang menewaskan turis asal Cina, Selasa (11/6/2019), di Taman Nasional Bunaken, mengundang prihatin banyak pihak, termasuk para penyelam

Elric Mosal Prihatin Tewasnya Turis Cina di Bunaken, Menyelam atau Snorkeling Harus Sesuai Standar
Facebook
Mosal Elric 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kecelakaan yang menewaskan turis asal Cina, Selasa (11/6/2019),  di Taman Nasional Bunaken, mengundang prihatin banyak pihak, termasuk para penyelam.

Elric Mosal (24), salah seorang instruktur PADI mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa korban yang diketahui meninggal karena tenggelam saat sedang melakukan snorkeling dan sesi foto.

Pemilik MC Diving Resort ini mengatakan untuk menyelam maupun snorkeling harus ditemani dan diawasi  guide.

"Menyelam atau pun snorkeling memiliki standar yaitu harus ada buddy (istilah teman untuk divers) dan harus ada pengawasan dari guide dan dilengkapi life jacket (pelampung) untuk pemula," ujar Mosal yang diwawancari lewat Messenger, Kamis (13/6/2019).

"Sebenarnya tamu itu dia snorkeling atau biasa torang bilang skin diving," imbuh Mosal.

"Sebenarnya korban hanya snorkeling tidak menyelam. Saya tidak mengetahui kronologi kejadian, tapi harus diperhatikan lagi standar untuk snorkeling" imbuh Mosal yang tidak ingin berspekulasi mengenai peristiwa tersebut.

"Standard and safety always number one," katanya lagi.

Mosal juga menambahkan sebelum menyelam maupun snorkeling harus menjaga stamina, tidur harus cukup, tidak mengonsumsi alkohol malam sebelum menyelam. Dikarenakan waktu diving yang dihisap adalah nitrogen.

Di saat selesai menyelam jangan banyak bergerak atau olahraga berat, karena bisa menjadi layaknya botol minuman bersoda yang dikocok sampai meluap.

Mosal juga berpesan agar kejadian tidak lagi terulang dengan berbenah diri untuk penyedia layanan pariwisata. Mengecek kondisi kesehatan turis yang ingin memyelam maupun snorkeling.

Instruktur selam bersertifikat PADI ini menyukai menyelam semenjak dirinya meneruskan usaha yang dirintis oleh ayahnya. (David Lalujan)

Penulis: David Lalujan
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved