Rita-Syennie-SAS Tebar Pesona: Pilkada Tomohon Panggung Srikandi

Ada 7 daerah di Sulawesi Utara ikut Pilkada Serentak 2020. Kontestasi di Kota Bunga, Tomohon mencuri perhatian. Pesta demokrasi 5 tahunan

Rita-Syennie-SAS Tebar Pesona: Pilkada Tomohon Panggung Srikandi
Istimewa
Rita Dondokambey-Tamuntuan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Ada 7 daerah di Sulawesi Utara ikut Pilkada Serentak 2020. Kontestasi di Kota Bunga, Tomohon mencuri perhatian. Pesta demokrasi 5 tahunan ini seakan menjadi arena kontestasi para srikandi (perempuan) hebat di Sulut.

PDIP menjagokan Rita Dondokambey-Tamuntuan, Partai Golkar siap mengusung Syerly Adelina Sompotan dan Miky Wenur. Kemudian mencuat nama mantan Wakil Wali Kota Tomohon Syennie Watoelangkow. Eks Ketua Partai Demokrat Sulut ini masuk bursa calon wali kota bersama beberapa srikandi lainnya.

Golkar dan PDIP menjadi partai paling siap menghadapi Pilkada Tomohon. Dua partai ini bisa mengusung sendiri. Golkar meraih 10 kursi dan PDIP 4 kursi di Pemilu Legislatif 2019. Partai lain seperti Gerindra dan Demokrat harus membangun koalisi.

Baca: Ini yang Diadukan Eks Komandan Tim Mawar Kopassus ke Dewan Pers

Carol Senduk saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Tomohon dan kembali terpilih di Pileg 2019. Sosok pengusaha sukses ini sudah punya pengalaman bertarung di Pilkada Tomohon 2010, meski kalah suaranya lumayan apalagi waktu itu maju dari jalur perseorangan.

Caroll sempat getol maju lagi di Pilkada 2015, tapi kalah bersaing di internal PDIP. Pilkada 2020, kans Caroll kembali ke kontestasi politik.
"Sebagai petugas partai tentu saya siap jika ditugaskan partai, " ujar Caroll kepada tribunmanado. co.id, beberapa waktu lalu.

Caroll punya keunggulan. Pertama, ia ketua partai, di mana PDIP kerap memajukan kader sendiri. Kedua, sebagai pengusaha, ia punya cukup 'logistik' yang faktanya penting saat jalannya kontestasi.

Minusnya, pada Pileg 2019 yang jadi pijakan awal melangkah ke kontestasi Pilkada 2020, PDIP di bawah Caroll hasilnya merosot. Gagal menyaingi dominasi Golkar. Perolehan kursi PDIP turun dari 5 kursi DPRD Tomohon di Pileg 2014, tinggal 4 kursi di Pileg 2019.

Sosok berikutnya Johny Runtuwene, mantan birokrat Kementerian Pendidikan yang cukup lekat lama dengan PDIP. Jonru demikian nama panggung politiknya. Jonru adalah kontestan Pilkada Tomohon 2015. Ketika itu jadi penantang utama petahana Jimmy Eman.

Baca: Pilkada Minsel 2020, Saatnya Pertarungan Golkar vs PDI Perjuangan

Usahanya memang gagal setelah kalah, tapi Jonru memberi perlawanan sengit, dan kalah dengan selisih angka ribuan. Jonru memiliki basis di Tomohon Utara, pemilih terbesar di Kota Tomohon. Kesiapannya teruji setelah memenangi Pileg 2019 sebagai pengumpul suara terbanyak di dapil tersebut.

Ia mengamankan satu dari total dua kursi dimenangi PDIP. Figur lainnya yakni Rita Tamuntuan, Ketua TP PKK Provinsi Sulut. Rita memang berasal dari Tomohon, sebuah desa di Tomohon Utara bernama Pinaras yang kini berubah status jadi kelurahan.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved