Berita di Mitra

Tokoh Masyarakat Mitra Berharap Sidang di MK RI Berjalan Baik

Sidang sengketa pilpres akan mulai bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) RI tanggal 14 Juni pekan ini.

Tokoh Masyarakat Mitra Berharap Sidang di MK RI Berjalan Baik
ISTIMEWA
Farouk Lamane 

Laporan Wartawan Tribun Manado Andrew Alexander Pattymahu

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG - Sidang sengketa pilpres akan mulai bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) RI tanggal 14 Juni pekan ini.

Sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) berharap agar sidang sengketa ini akan berjalan lancar tanpa kendala.

Mereka juga menyatakan penolakan aksi kerusuhan dalam bentuk apapun saat sidang berlangsung.

Farouk Lamane, tokoh masyarakat Kabupaten Mitra mengatakan siapapun wajib untuk menjaga kondisi yang aman dan kondusif.

Masyarakat juga harus memberikan dukungan terhadap aparat keamanan, baik dari Polri dan TNI dalam mengawal proses demokrasi tersebut

"Menolak ajakan-ajakan segala bentuk aksi kerusuhan yang bermaksud mengacaukan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan meminta kepada pihak TNI-Polri untuk menangkap provokator pembuat aksi kerusuhan," ujarnya, Selasa (11/6/2019).

Ustadz Husein, pengurus Masjid Al Ikhlas Tombatu juga menyatakan menolak aksi kerusuhan dalam bentuk apa pun, serta menhimbau agar warga di daerah tidak berangkat ke Jakarta terkait sidang sengketa Pilpres di MK RI.

Sebagaimana diketahui, Jadwal sidang Perselisihan hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres tahun 2019 di MK akan dimulai dari tanggal 11 Juni 2019 dengan agenda registrasi terhadap permohonan peserta pilpres yang mengajukan sengketa.

Tanggal 14 Juni 2019 akan MK RI menggelar sidang perdana dan MK akan memutuskan lanjut atau tidaknya sengketa ke tahapan persidangan dengan mempertimbangkan permohonan beserta barang bukti yang diajukan (Putusan sela)

.Pada tanggal 17 Juni 2019 MK melakukan sidang dengan agenda pemeriksaan pembuktian, hal ini termasuk rangkaian dalam proses persidangan sengketa, 24 Juni 2019 merupakan sidang terakhir.

Dilanjukan tanggal 25 Juni - 27 Juni 2019 dengan jadwal MK menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim dan terakhir, tanggal 28 Juni 2019 MK membacakan putusan sengketa Pilpres. 

Baca: Kabar Terbaru Vannesa Angel: Dikabarkan Pindah Agama, Posting Teks Ibadah, Sang Ayah Beri Tanggapan

Baca: Kisah Perjuangan Bung Karno dan Misteri Masjid Istiqlal yang Dirancang dengan Konsep Ketuhanan

Baca: KABAR GEMBIRA, Gaji ke-13 PNS Sudah Cair, Ini Besarannya

 

 

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved