Torang Kanal

Maria Goretti Sewouw Suka Sejarah Sejak Kuliah

Guru sejarah di SMA Karitas ini baru menyukai sejarah semenjak menjadi mahasiswa di jurusan pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Unima

Maria Goretti Sewouw Suka Sejarah Sejak Kuliah
Istimewa
Maria Goretti Sewouw 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Maria Goretti Sewouw, SPd punya alasan menyukai pelajaran sejarah. Baginya sejarah tidak hanya sebagai pelajaran dalam sekolah atau akademik tetapi bisa menjadi pelajaran kehidupan.

"Di dalam sejarah juga kita mempelajari semua peristiwa dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Jadi sejarah sangat penting dalam perjalanan kehidupan manusia sebagai pelaku sejarah. Itu membuat saya lebih tertantang untuk mendalami bidang ini," kata gadis cantik kelahiran Tomohon, 10 Juli 1996 ini.

Walau begitu guru sejarah di SMA Karitas ini baru menyukai sejarah semenjak menjadi mahasiswa di jurusan pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Unima. Ia sebenarnya lulusan SMK jurusan komputer.

"Sebenarnya waktu pertama rencana mau kuliah mau ambil jurusan komputer. Hanya ada saudara menawarkan masuk jurusan sejarah karena katanya peluang lebih besar.

Guru sejarah sangat dibutuhkan di mana-mana. Mulai dari situ saya tertantang untuk mencoba satu hal yang baru," kata penyuka Bakso dan Nasi Goreng itu.

Dalam perjalanan waktu, penyuka Alpukat ini akhirnya memang suka sejarah. Ia lebih menyukai sejarah karena dosen pengajar, materi dan teman kuliah.

"Kalau dosen pengajarnya terbaik. Dari awal kuliah sampai selesai tidak berhenti mereka memberikan motivasi walau juga dalam bentuk sindiran. Ini justru jadi motivasi sampai mengurus ujian akhir. Sempat down dosen pembimbing beri motivasi untuk selesaikan kuliah," kata dia yang hobi menyanyi dan menari itu.

Menurutnya para dosen sejarah sangat peduli kepada mahasiswa. Bahkan katanya ada yang membiayai kuliah mahasiswa.

"Awalnya terkesan killer. Ternyata mereka semua baik-baik," kata dia yang menjadi master of ceremony lomba paduan suara gebyar Paskah Paroki Woloan 2019 itu.

Ia mengatakan materi kuliah baik dan menarik. Rugi baginya tidak masuk dalam sejarah.

"Tidak sama dengan kata orang, belajar sejarah bukan cuma belajar tentang batu-batu dan manusia purba. Dengan belajar sejarah kita mendapat banyak hal berharga dan lebih tertantang untuk mempelajari banyak hal dalam sejarah," katanya.

Ia berharap mampu memberikan yang terbaik untuk siswa-siswa. Ia berharap apa yang ia ajarkan berguna untuk mereka

"Terutama lebih baik lagi kalau saya mampu menarik perhatian satu di antara mereka untuk belajar sejarah. Saya juga tidak berhenti belajar. Saya tetap musti belajar terus menerus supaya jadi guru sejarah yang lebih baik lagi," katanya. 

Penulis: David_Manewus
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved