Islam

Perempuan yang Memiliki Sifat Seperti Ini Tidak Boleh Dinikahi Menurut Islam

Menikah merupakan ibadah dalam islam. Karena merupakan ibadah, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi terciptanya kenyamanan dan kebahagia

Perempuan yang Memiliki Sifat Seperti Ini Tidak Boleh Dinikahi Menurut Islam
tribun jabar
Ilustrasi menikah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menikah merupakan ibadah dalam Islam. Karena merupakan ibadah, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi terciptanya kenyamanan dan kebahagiaan dalam berumah tangga.

Pasalnya, kita akan memilih pasangan hidup. Orang yang akan berada di samping kita setiap hari. Orang yang merupakan tempat kita berbagi suka ataupun duka.

Pasangan hidup juga orang yang tentunya akan sangat mengenal kita luar dan dalam. Jadi tak elok bila pasangan hidup kita ternyata punya sifat yang justru membawa kerugian dan penghianatan dalam hidup kita. 

Kewajiban Menikah bagi umat muslim sendiri telah dijelaskan dalam Al-Quran dan Al-hadist.

Seorang laki-laki yang hendak menikahi wanita, sebaiknya mempertimbangkan 4 kriteria, yakni agama, nasab, kecantikan dan harta.

Namun yang paling utama adalah memilih berdasarkan agama yang baik.

Agama dalam hal ini bukan melulu karena si calon adalah seorang muslim. Agama yang dimaksud adalah ketinggian budi, akal, karakter dan akhlaknya.

Dari Abu Huraira r.a, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.” (HR Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Abu Dawud dan Ibn Majah).

Seorang wanita yang memiliki akhlakul karimah Insya Allah dapat menjaga suami dan anak-anaknya secara baik.

Halaman
1234
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved