Operator Seluler Mulai Uji Coba 5G, Smartfren Direncanakan Setelah Lebaran

Mantan operator CDMA yang sekarang sudah sepenuhnya beralih ke 4G LTE ini menyatakan akan segera menguji coba teknologi 5G.

Operator Seluler Mulai Uji Coba 5G, Smartfren Direncanakan Setelah Lebaran
kompas.com
Jaringan 5G pertama di dunia 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Beberapa operator seluler telah melakukan uji coba jaringan seluler generasi kelima alias 5G pada tahun lalu. Smartfren pun tak ketinggalan.

Mantan operator CDMA yang sekarang sudah sepenuhnya beralih ke 4G LTE ini menyatakan akan segera menguji coba teknologi 5G. Direktur Utama Smarfren Merza Fachys mengatakan persiapannya akan dimulai dalam waktu dekat.

“Setelah Lebaran nanti sudah mulai dipersiapkan. Ada site yang mau kami lakukan (uji coba 5G),” ujar Direktur Utama PT Smartfren Telecom Tbk. Merza Fachys di sela acara buka puasa bersama bersama para awak media di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Smartfren berencana menggelar uji coba 5G pada Juni mendatang. Sebagai mitra hardware, Smartfren menggaet ZTE.

Karena uji coba 5G awal dari Smartfren ini awalnya dimaksudkan untuk mengetes kemampuan jaringan di lingkungan Industry 4.0, Merza mengatakan bahwa maka lokasi percobaannya pun akan disesuaikan.

“Kami pilih situs pertamanya adalah pabrik yang ada di Marunda (Jakarta Utara),” sebut Merza.

Kendati terkesan menyasar segmen bisnis IoT atau industri untuk uji coba awal, Merza mengatakan implementasi 5G nantinya bisa saja meluas ke konsumen umum, seperti layanan data internet untuk smartphone.

Ini karena jaringan 5G memiliki serangkaian kelebihan dibanding 4G LTE, antara lain dari segi latency yang lebih kecil dan bandwith lebih besar.

Merza mencontohkan di era jaringan 2G dulu, operator seluler belum membayangkan akan ada skenario bandwith hungry alias rakus data seperti video streaming yang sekarang marak di era 4G LTE.

“Kita lihat nanti perkembangannya seperti apa. Untuk 5G tentu akan ada kemungkinan baru. Tapi saya belum bisa membayangkan,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved