Ekonomi

Olly Bersyukur Sulut Punya Tabungan Deflasi di Awal Tahun, Apresiasi TPID Sukses Kendalikan Inflasi

Menurut Olly, deflasi yang terjadi pada Februari, Maret dan April 2019 berguna mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut tahun ini

Olly Bersyukur Sulut Punya Tabungan Deflasi di Awal Tahun, Apresiasi TPID Sukses Kendalikan Inflasi
TRIBUNMANADO
Olly Bakal Terbangkan Rica dari Surabaya Pakai Hercules TNI AU 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersyukur daerah ini mengalami inflasi berturut-turut dalam tiga bulan terakhir.

Menurut Olly, deflasi yang terjadi pada Februari, Maret dan April 2019 berguna mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut tahun ini.

"April lalu kita deflasi 1, 27 persen dan terdalam di Indonesia. Itu jadi modal kita untuk mengimbangi inflasi yang biasa mulai naik di tengah tahun. Apalagi ini sudah dekat Lebaran," ujar Olly dalam High Level Meeting Sinergi Stabilitas Harga dan Pertumbuhan Ekonomi di Kantor Perwakilan BI Sulut, Senin (20/05/2019) siang.

Menurutnya, dengan adanya tabungan deflasi, target pertumbuhan ekonomi Sulut di level 6, 3 - 6, 5 persen di tahun 2019 bisa dicapai.

Diketahui, pada Februari 2019 Sulut deflasi 0, 54 persen dan pada Maret deflasi lagi 0, 69 persen.

"Makanya kita perlu jaga, kendalikan inflasi di momen-momen penting, Lebaran, Pengucapan dan Natal Tahun Baru," ujar Olly.

Ia berharap jajaran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama forum kepala daerah di Sulut bersinergi untuk pengendalian harga komoditas.

Gubernur mengapresiasi TPID karena terbukti manjur mengendalikan inflasi.
Inflasi Sulut selang 2001 hingga 2010 rata-rata mencapai 8,65% (yoy) namun setelah TPID dibentuk pada 2010, rata-rata inflasi tahunan turun hampir setengahnya di 4,59% (yoy).

Sementara, Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat bilang, paruh pertama 2019, inflasi Sulut menunjukkan angka menggembirakan.

"Deflasi April 1, 27 persen (mtm) itu menyebabkan inflasi tahunan per bulan April 2019, mencapai angka 0,07% (yoy) dan inflasi tahun kalender sebesar -1,42% (ytd)," kata Arbonas.

Katanya, kerja sama dan sinergi yang baik antar lembaga, khususnya melalui forum TPID, menjadi kunci keberhasilan menjaga inflasi di angka yang rendah dan stabil tersebut.

"Namun kita tetap harus waspada mengingat banyaknya tantangan dalam pengendalian kedepan yang masih harus kita hadapi," ujarnya.

 

BACA http://manado.tribunnews.com/2019/05/20/live-streaming-film-game-of-thrones-season-8-episode-terakhir-cek-cara-nonton-disini-link-lengkap

 

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved