Viral Media Sosial

Viral Medsos: Penampakan Dua Jet Tempur TNI AU Multi Peran yang Dipakai Bangunkan Sahur di Indonesia

Kolonel Sus M Yuris sempat mengkonfirmasi kegiatan membangunkan sahur itu biasanya menggunakan dua jenis jet tempur yakni F-16 dan T50i.

Viral Medsos: Penampakan Dua Jet Tempur TNI AU Multi Peran yang Dipakai Bangunkan Sahur di Indonesia
Kolase TRIBUN BATAM dan Kompas.com/Icha Rastika
Jet Tempur F-16 dan T50i TNI AU 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sosok jet tempur F-16 dan T50i TNI AU menjadi sorotan usai dikabarkan akan diterbangkan untuk membangunkan sahur masyarakat di Surabaya, Solo, dan sembilan kota lainnya

Kepala Subdinas Penerangan Umum TNI AU, Kolonel Sus M Yuris sempat mengkonfirmasi kegiatan membangunkan sahur itu biasanya menggunakan dua jenis jet tempur yakni F-16 dan T50i, dengan formasi tertentu.

Dirangkum oleh SURYA.co.id dari berbagai sumber, berikut sosok dan kehebatan jet tempur F-16 dan T50i TNI AU yang dikabarkan akan membangunkan sahur masyarakat di Surabaya, Solo, dan sembilan kota lainnya

Jet Tempur F-16

Dilansir dari Wikipedia, F-16 Fighting Falcon adalah jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh perusahaan General Dynamics (lalu kemudian di akuisisi oleh Lockheed Martin), untuk Angkatan Udara Amerika Serikat.

Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara namun akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer.

Kemampuan F-16 untuk bisa dipakai untuk segala macam misi inilah yang membuatnya sangat sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat.

Pesawat ini sangat populer di mata international dan telah digunakan oleh 25 angkatan udara di seluruh Dunia

Pada tahun 1993 General Dynamics menjual bisnis pembuatan pesawat ini kepada Lockheed Corporation, yang selanjutnya menjadi bagian dari Lockheed Martin setelah melakukan merger dengan Martin Marietta pada tahun 1995.

Ilustrasi: Pesawat F-16 dan pesawat hercules dalam Static show rangkaian hari bakti TNI AU ke-71 di apron selatan Bandara Ngurah Rai, Badung, Rabu (25/7/2018)
Ilustrasi: Pesawat F-16 dan pesawat hercules dalam Static show rangkaian hari bakti TNI AU ke-71 di apron selatan Bandara Ngurah Rai, Badung, Rabu (25/7/2018) (TribunBali/Rizal Fanany)

Baca: Tim Penyelidik Masih Bingung atas Insiden Jet Tempur F-16 Belanda yang Tertembak Pelurunya Sendiri

F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot.

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved