JWS-Felly Bertarung ke Senayan: Jerry Masih Berpeluang

Kota Manado jadi arena ‘pertempuran’ akhir para ‘raksasa’, PDIP, Partai Golkar dan Nasdem! Siapa pemegang supremasi di Ibu Kota Provinsi

JWS-Felly Bertarung ke Senayan: Jerry Masih Berpeluang
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Bendahara DPW Nasdem Sulut, Felly Runtuwene 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Kota Manado jadi arena ‘pertempuran’ akhir para ‘raksasa’, PDIP, Partai Golkar dan Nasdem! Siapa pemegang supremasi di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara ini, masih sementara berproses di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perebutan adu gengsi ini membuat rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di Kota Tunutuan berlangsung ketat, bahkan diwarnai protes.

Terjadi pertarungan perebutan kursi ke-6 DPR RI. Jalan menuju Senayan makin mengerucut. Sudah 14 kota/kabupaten di Sulut menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara di tingkat provinsi.

Pertarungan akhir rekapitulasi ada di Kota Manado yang hingga tadi malam belum juga rampung.
Ada 3 dari 16 partai yang paling menonjol perolehan suaranya yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem dan PAN. Perolehan suara PDIP masih dominan di 14 kabupaten/kota. PDIP sudah mengumpulkan 480.145 suara.

Di tempat kedua, Golkar dengan hasil 206.073 suara. Selanjutnya, Nasdem 199.393 suara. Sesuai hasil perolehan suara yang ada, minus Kota Manado dikonversi ke kursi menggunakan metode sainte league, maka kursi DPR RI yakni PDIP 3 kursi, Golkar 2 kursi dan Nasdem 1 kursi.

Wakil Ketua DPD PDIP Sulut, Lucky Senduk mengungkapkan, PDIP optimistis merebut kursi terakhir DPR RI. Itu berarti PDIP mendapat 4 kursi. "Kita tetap optimistis, kursi terakhir milik PDIP," kata dia.

Medan pertarungan di Manado bukan hal baru. PDIP sudah membuktikan. Pileg DPRD Kota Manado PDIP menang telak meraih 11 kursi dan berhak mendapat posisi ketua DPRD.

Di DPRD Sulut, PDIP merebut 3 dari 8 kursi Dapil I Kota Manado. "Semua hasil yang ada sinkron kota, provinsi dan DPR RI," ujar dia.
Felly Runtuwene, Bendahara DPW Nasdem Sulut mengungkap, rasa optimisme Nasdem meraih 2 kursi. "Dua kami rebut untuk DPR RI. Kami mengantongi hasil perolehan suara kami yang sangat signifikan," kata dia.

Di pihak Golkar Ferryando Lamaluta, Juru Bicara Golkar Sulut mengaku, Golkar tak lagi ngotot berebut kursi ke-6. Hasil perolehan sudah ia pegang, Golkar sudah mengamankan 1 kursi DPR RI untuk Adrian Jopie Paruntu. "Sudah fix 1 kursi Golkar untuk AJP. Untuk kursi ke-6 mungkin akan diperebutkan bisa PDIP, Nasdem atau PAN," kata dia.

Komando Pemenangan Wilayah Nasdem Sulut, Felly Runtuwene hakul yakin Nasdem bisa meraih 2 kursi DPR RI.
"Ibu sudah tembus, kursi kedua kemungkinan Hillary," kata dia di Hotel Peninsula Manado, Kamis (8/5/2019) malam. Menurut Felly, hasil perhitungan sementara, Nasdem sudah meraup 230-an ribu suara. Masih ditunggu data dari Manado yang tengah pleno. "Di Manado suara Nasdem cukup besar," kata dia.

Diungkap Felly, Nasdem berhasil mencapai target 9 kursi untuk DPRD provinsi. Itu berarti kursi pimpinan dewan sudah di tangan. "Ada Brien Waworuntu, Stella Runtuwene, Sherly Tjanggulung, Victor Mailangkay, Jhony Panambunan, Nick Lomban, Alfian Bara, I Nyoman dan satu lagi masih dinanti," kata dia.
Dikatakan Felly, Nasdem berhasil meraih 1 fraksi utuh di 11 daerah yakni Manado, Minut, Minsel, Bitung, Bolmong, KK, Boltim, Talaud, Sangihe dan Tomohon. (ryo/art)

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved