CITIZEN JOURNALISM

Darmasiswa: Tak hanya Kuliah, Tapi juga Mengenal Budaya Indonesia

Kebanyakan orang Indonesia malas berjalan kaki. „Mereka lebih suka pakai motor,“ imbuh Kadir.

Darmasiswa: Tak hanya Kuliah, Tapi juga Mengenal Budaya Indonesia
CITIZEN JOURNALISM/IWA SOBARA
Iris Schmidt (Jerman) bersama Budi Santoso (Indonesia) dan Pablo Navarro (Spanyol) dari Rumah Budaya Indonesia Berlin memainkan alat musik khas Indonesia pada “Temu Alumni & Persiapan Keberangkatan Mahasiswa Darmasiswa” di Berlin, Jerman, Kamis (4/5/19). 

Laporan Warga, Iwa Sobara dari Berlin, Jerman

ALUNAN musik tradisional khas Suku Dayak membuka acara “Temu Alumni & Persiapan Keberangkatan Mahasiswa Darmasiswa” di Berlin, Jerman, Kamis (4/5/19).

Menariknya adalah yang bermain instrument musik tersebut adalah bule asing. Salah satu pemain adalah seorang Jerman bernama Iris Schmidt.

Dia diundang bersama dengan Budi Santoso dari Yogyakarta dan Pablo Navarro dari Spanyol dari Rumah Budaya Indonesia Berlin.

Ketiganya memainkan berbagai alat musik dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Suling dan Kecapi Sunda, Saluang Padang, dan Sape dari Kalimantan Timur.

Pada acara temu alumni yang baru pertama kali diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin, Jerman, tersebut hadir puluhan alumni Darmasiswa.

Mereka berdatangan tidak hanya dari Jerman, tetapi juga dari beberapa negara di Eropa lainnya seperti dari Hongaria, Polandia, Spanyol, dan Turki.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman Arif Havas Oegroseno menyatakan dalam sambutannya, “Temu alumni yang pertama ini akan menjadi awal untuk kegiatan-kegiatan Darmasiswa di Jerman.“

Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, berfoto bersama para alumni dan Calon Penerima Beasiswa Darmasiswa Jerman di Berlin,Kamis (4/5/2019).
Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, berfoto bersama para alumni dan Calon Penerima Beasiswa Darmasiswa Jerman di Berlin,Kamis (4/5/2019). (CITIZEN JOURNALISM/IWA SOBARA)

Duta Besar juga berharap agar para alumni dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan lainnya dan tentu saja mempromosikan kekayaan khazanah budaya Indonesia pada khalayak lain.

Pada kesempatan ini, para alumni diajak untuk mengenang kembali berbagai pengalaman mereka selama menjadi penerima beasiswa Darmasiswa.

Halaman
123
Editor: Edi Sukasah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved