Hasil Penelitian, Bahan Kimia Tabir Surya Meresap ke Darah

Meski begitu, ahli belum mengetahui bagaimana efek sampingnya pada kesehatan.

Hasil Penelitian, Bahan Kimia Tabir Surya Meresap ke Darah
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penelitian terbaru dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menemukan bahwa bahan kimia dalam tabir surya dapat meresap ke dalam darah dengan cepat.

Meski begitu, ahli belum mengetahui bagaimana efek sampingnya pada kesehatan.

Melansir Live Science, Senin (6/5/2019), studi ini melibatkan 24 orang.

Walaupun sampel terbilang kecil, tapi penelitian ini merupakan yang pertama menyelidiki bagaimana bahan kimia bisa masuk ke darah.

Dalam laporan yang terbit di jurnal JAMA, Senin (6/5/2019), ahli tidak melarang pengguna untuk berhenti menggunakan tabir surya, terlebih adanya risiko paparan matahari yang berbahaya untuk kulit.

"Masyarakat sebaiknya tetap menggunakan tabir surya untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari dari kanker kulit dan melanoma."

Demikian Kanade Shinkai, dokter kulit dari Universitas California, San Fransisco yang ikut menulis editorial penelitian ini.

Sebaliknya, penemuan ini menyoroti perlunya studi lebih lanjut tentang dampak kesehatan dari bahan kimia yang masuk ke darah.

Meresap jauh ke dalam kulit

Meski tabir surya dipakai banyak orang di seluruh dunia, hanya sedikit penelitian ilmiah yang membahas aspek keamanan dan efektivitas bahan kimia di dalam produk.

Halaman
123
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved