Selama Ramadan, Di Desa Moyag Ada Pondok DPRD

DPRD itu singkatan dari Dewan Pengajian Remaja Dakoulu Desa Moyag. Disini setiap malam usai melaksanakan salat tarawih selalu dilakukan pengajian

Selama Ramadan, Di Desa Moyag Ada Pondok DPRD
Tribun manado/handika dawangi
Di Desa Moyag ada Pondok DPRD 

Selama Ramadan, Di Desa Moyag Ada Pondok DPRD

TRIBUNMANADO.CO.ID,KOTAMOBAGU- Secara bergantian terdengar suara pemuda, remaja, dewasa melantunkan ayat-ayat Al Quran. Terdengar lantang di Lorong Dakoulu Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur tadi malam.

Pusat suara berasal dari satu pondok yang terbuat dari bambu. Namanya Pondok DPRD. Bukan tempat para anggota legislatif.

DPRD itu singkatan dari Dewan Pengajian Remaja Dakoulu Desa Moyag. Disini setiap malam usai melaksanakan salat tarawih selalu dilakukan pengajian baik oleh remaja, pemuda, maupun dewasa.

Baca: 7 Fakta Pembunuhan Andre Rimper di Bitung, Ditolong Tim Bangunkan Sahur hingga Tewas 9 Tikaman 

Ketua Kelompok Pengajian DPRD Sumantri Ismail mengatakan proses pembangunan pondok ini sebenarnya sudah lama. Yakni sejak dua bulan lalu.

"Kemudian baru selesai pada bulan ramadan ini. Semua bahan yakni bambu, tripleks, dan kayu berasal dari sumbangan warga sekitar. Totalnya Rp 5 juta," ujar Sumantri.

Lanjut Sumantri, di pondok ini setiap harinya setiap anggota harus membaca sebanyak satu juz. "Dalam satu bulan ini nantinya mungkin ada lima kali khatam Al Quran," ujar dia.

Tak semua pemuda dan remaja sudah bisa mengaji. Sumantri mengatakan oleh karena itu telah dibagi kelompok mana yang baru belajar dan yang sudah tahu.

"Yang baru belajar kita tetap bimbing. Ada juga imam masjid yang ikut bersama-sama," ujar Sumantri.

Baca: Coba Perkosa Staf Tata Usaha Kepala Sekolah Pakai Modus Ini, Bermula Karena Berada Sekamar di Wisma

Harmoko Humagi Imam Masjid Fastabiqul Khairaat Moyag mengatakan kegiatan ini sangat baik bagi remaja pemuda yang ada di Moyag.

"Kegiatan ini memang selalu dilaksanakan setiap tahun. Bukan hanya disini tetapi ada beberapa posko lain di Moyag. Tentunya kami sangat mendukung kegiatan mereka ini," ujar Harmoko. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved