Pemilu 2019

Peraga Dilarang, Tanpa Rekomendasi Bawaslu, Spanduk Baliho Kemenangan Pemilu 2019 Bisa Diturunkan

Penururnan Baliho Paslon Pilpres tak perlu rekom dari Bawaslu meskipun proses penghitungan suara masih berjalan.

Peraga Dilarang, Tanpa Rekomendasi Bawaslu, Spanduk Baliho Kemenangan Pemilu 2019 Bisa Diturunkan
istimewa
Penurunan Baliho Prabowo dan Sandiaga di Bekasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Meski penghitungan suara Pemilu 2019 belum usai, spanduk dan baliho yang mengklaim kemenangan satu paslon mulai bertebaran di sejumlah wilayah, termasuk di Jakarta Timur.

Komisioner Bawaslu Jakarta Timur Bidang Hukum, Data dan Informasi, Ahmad Syarifudin mengatakan penurunan spanduk, baliho klaim kemenangan itu berada di ranah Satpol PP sepenuhnya.

"Itu bukan APK (alat peraga kampanye), jadi ranah Satpol PP. Karena bukan APK Satpol PP bisa menurunkan spanduk tanpa harus ada rekomendasi dari Bawaslu," kata Ahmad di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (8/5/2019).

Meski tak memiliki data pasti berapa jumlah alat peraga selebrasi kemenangan yang tersebar di Jakarta Timur, dia membenarkan bila ada sejumlah spanduk selebrasi kemenangan satu paslon.

Baliho raksasa bertuliskan ucapan terima kasih dan selamat atas perolehan suara Pasangan Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024 di Cileungsi Kabupaten Bogor
Baliho raksasa bertuliskan ucapan terima kasih dan selamat atas perolehan suara Pasangan Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024 di Cileungsi Kabupaten Bogor (Dokumen Warga via Kompas.com)

Baca: Baliho Kemenangan 02 di Bogor, DP3 Bawaslu Menolak, Warga: Rapatkan Barisan, Bapak Mau Perang?

Ahmad berharap Satpol PP lekas menurunkan alat peraga yang kontenya bersifat deklarasi kemenangan karena dapat mengganggu proses rekapitulasi yang kini berlangsung.

"Satpol PP bisa langsung menurunkan, enggak perlu menunggu rekomendasi dari kami seperti saat masa kampanye. Letaknya kan juga di fasos-fasum. Jadi menganggu estetika," ujarnya.

Ahmad menuturkan Bawaslu RI telah mengeluarkan edaran resmi terkait imbauan agar peserta Pemilu 2019 tak melakukan kegiatan selebrasi kemenangan apa pun.

Peserta Pemilu 2019 diharap sabar menanti proses rekapitulasi suara sampai akhirnya KPU RI selaku penyelenggara menetapkan sosok pemenang.

"Dari Bawaslu sudah melarang agar peserta Pemilu 2019 tidak melakukan kegiatan atau pemasangan alat peraga yang mengandung materi kemenangan sebelum ditetapkan hasil Pemilu," tuturnya.

Baca: Viral di Medsos, Baliho Prabowo-Sandi BertuliskanJangan Percaya Quick Count di TV-TV

Baca: Warga Tolak Turunkan Baliho Kemenangan Pilpres 02, Fadli Zon: Ini Adalah Sah dan Konstitusional

Tautan: http://jakarta.tribunnews.com/2019/05/08/penurunan-spanduk-kemenangan-pemilu-2019-tak-perlu-rekomendasi-bawaslu.

Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved