Penjual Takjil Menjamur di Kota Bitung

Penjual takjil mulai menjamur di Kota Bitung, di awal Ramadan ini. Aneka takjil ini bisa ditemui di sejumlah sudut Kota Bitung.

Penjual Takjil Menjamur di Kota Bitung
Tribun manado/finneke wolajan
Penjual takjil di pusat kota bitung 

Penjual Takjil Menjamur di Kota Bitung

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Penjual takjil mulai menjamur di Kota Bitung, di awal Ramadan ini. Aneka takjil ini bisa ditemui di sejumlah sudut Kota Bitung.

Sejak pukul 13.00 Wita, pedagang mulai menjajakan aneka makanan mereka. Seperti kue basah, buah segar, gorengan, manisan dan aneka makanan lainnya. Ada pula yang jualan ikan san sayur masak untuk berbuka.

Masyarakat tampak antusias di dua hari penjualan takjil di Kota Bitung ini. Terpantau sejak siang, pedagang mulai ramai melayani para pembeli. Aneka takjil memang ditunggu-tunggu warga Kota Bitung.

Baca: 7 Fakta Pembunuhan Andre Rimper di Bitung, Ditolong Tim Bangunkan Sahur hingga Tewas 9 Tikaman 

Tak hanya yang menjalankan ibadah puasa, melainkan mereka juga di luar agama Muslim, yang tak puasa. Takjil ini menjadi incaran semua warga dari berbagai golongan agama. Selain enak, harganya juga murah.

Joy, salah seorang warga Girian Atas mengatakan sering membeli jajanan takjil. Apalagi saat siang, ketika cuaca Bitung sedang panas-panasnya, ia mengincar buah segar di lapak-lapak pedagang takjil. "Saya Kristen dan saya selalu mengincar takjil setiap tahun," ujarnya Selasa (7/8/2019).

Warga muslim lainnya mengaku takjil menjadi makanan wajib saat buka. Apalagi yang manis-manis. "Karena enak dan murah. Takjil memang memang wajib saat berbuka. Kalau tak sempat masak, beli ikan dan sayur masak saja," ujarnya.

Baca: Coba Perkosa Staf Tata Usaha Kepala Sekolah Pakai Modus Ini, Bermula Karena Berada Sekamar di Wisma

Seperti di kawasan pusat kota, sudah ada sekitar 20an pedagang takjil. Diperkirakan angka ini akan terus bertambah. Tahun 2018 lalu, ada sekitar 50an pedagang.

Makanan yang dijual relatif murah. Untuk kue basah rata-rata Rp 5 ribu empat buah. Untuk buah segar Rp 10 ribu, bahkan ada yang Rp 5 ribu per cup. Ada pula makanan berat seperti opor ayam dan lainnya.

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved