Pemindahan Ibu kota RI

Kota Cantik Palangka Raya Kandidat Ibu Kota Baru Indonesia, Segitiga Emas hingga Tugu Soekarno 1957

Presiden Jokowi lakakan peninjauan lokasi yang menjadi kandidat ibu kota baru untuk Indonesia. Dari Bukit Soeharto hingga Tugu Soekarno.

Kota Cantik Palangka Raya Kandidat Ibu Kota Baru Indonesia, Segitiga Emas hingga Tugu Soekarno 1957
Youtube.com
Panorama Palangk Raya - Kota Cantik 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Joko Widodo dan para rombongannya mulai melakukan peninjauan lokasi yang menjadi kandidat ibu kota baru untuk Indonesia.

Kemarin Jokowi telah melakukan kunjungan dan peninjauan lokasi calon ibu kota baru Indonesia, Taman Hutan Raya Bukit Soeharto di Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019).

Dilansir dari Kompas.com, hari ini giliran Jokowi akan menyambangi kandidat ibu kota Indonesia berikutnya, yakni lokasi berbentuk segitiga di antara Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas, Rabu (8/5/2019).

Peninjauan langsung ini juga akan dijadikan bahan kajian lanjutan dalam proses penetapan lokasi ibu kota yang baru.

Melewati jalur darat, lokasi ini bisa ditempuh sekitar 3 jam.

Tugu Soekarno, tempat Presiden Soekarno meresmikan pembangunan Kota Palangka Raya pada 17 Juli 1957. Monumen terletak di jantung Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.
Tugu Soekarno, tempat Presiden Soekarno meresmikan pembangunan Kota Palangka Raya pada 17 Juli 1957. Monumen terletak di jantung Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (KOMPAS.COM/ MARKURIUS S)

Baca: Rencana Ibu Kota Dipindahkan, Presiden Jokowi Minta Rekomendasi Rakyat, 7 Kota Pilihan, Ada Manado?

Rencananya, Jokowi akan meninjau lokasi dengan helikopter dan didampingi langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan para jajarannya.

Pemprov Kalimantan Tengah mengaku telah menyiapkan lebih dari 300.000 hektar lahan untuk lokasi ibu kota baru walau belum juga ada kepastian.

Kawasan Segitiga Emas Kalteng ini berada di perbatasan wilayah antara satu kota dan dua kabupaten dengan posisi kontur cukup datar.

Dilansir Tribun Travel dari laman resmi litbang.kemendagri.go.id, kawasan Kalimantan Tengah memiliki sejumlah keunggulan untuk menjadi ibu kota baru berdasarkan penelitian dari Universitas Palangka Raya (UPR) tahun 2017.

Dalam penelitian tersebut, areal yang cocok dijadikan ibu kota baru itu meliputi lahan seluas 500 ribu hektar.

Halaman
12
Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved