Daerah

Genjot Sektor Pertanian, Lomban Studi Banding di Embung Wanua Ure Minut

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban melakukan studi banding di Embung Wanua Ure, di Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (7/5/2019).

Genjot Sektor Pertanian, Lomban Studi Banding di Embung Wanua Ure Minut
istimewa
Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban melakukan studi banding di Embung Wanua Ure, di Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (7/5/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID,BITUNG - Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban melakukan studi banding di Embung Wanua Ure, di Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (7/5/2019).

Lomban didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Bitung Ignatius Rudy Theno. Lomban mengatakan studi banding untuk pengaplikasian program tersebut di Kota Bitung.

Sebab saat ini Kota Bitung sedang berbenah dalam berbagai hal dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan memaksimalkan berbagai potensi yang ada.

"Pengembangan Pariwisata yang diperjuangkan beberapa waktu lalu kini telah membuahkan hasil yang baik. Kini pemerintah akan menggenjot sektor pertanian, salah satunya adalah lewat studi banding ke sini," ujarnya.

Ini merupakan upaya Pemkot Bitung untuk mengembangkan sektor pertanian, di mana saat musim kemarau pasokan air ke lahan pertanian tetap tercukupi dan saat hujan deras volume air dapat diatur sehingga tidak merusak tanaman.

Kadis PUPR Bitung Ruddy Theno menjelaskan, embung atau cekungan penampung (retention basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai, danau).

"Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan. Embung menampung air hujan di musim hujan, lalu digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau. Keinginan Pak Wali Kota Bitung adalah bagaimana hal ini bisa diaplikasikan di Bitung," ujarnya. (fin)

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved