Elpiji Langka

Elpiji Masih Sulit Ditemukan, Wawali Imbau Jangan Ada Yang 'Menimbun'

Hingga hari ini Selasa (07/05/2019) tabung gas elpiji tiga kilogram di Kota Kotamobagu masih sulit ditemukan. Sejumlah warga masih mengeluhkan sulitny

Elpiji Masih Sulit Ditemukan, Wawali Imbau Jangan Ada Yang 'Menimbun'
ISTIMEWA
Ilustrasi: Elpiji 3 Kilogram 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Hingga Selasa (07/05/2019) tabung gas elpiji tiga kilogram di Kota Kotamobagu masih sulit ditemukan. Sejumlah warga masih mengeluhkan sulitnya menjangkau tabung gas bersubsidi tersebut.

"Tadi saya tak dapat epiji tiga kilogram. Masih sulit ditemukan," ujar Jufri Warga Kelurahan Kotobangon kepada Tribun Manado. 
Hal itu juga menjadi perhatian Wakil Wali Kota Kotamobagu  Nayodo Koerniawan. "Sebagai pemerintah kita akan terus mengawasi pendistribusian dari agen maupun pangkalan," ujar wawali.

Wawali meminta agar tidak ada yang 'menimbun' tabung gas elpiji tiga kilogram. "Silakan membeli sewajarnya sesuai kebutuhan," ujar wawali.

Sebelumnya, Alfian Hasan Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kotamobagu mengatakan pemkot hanya mengawasi pendistribusian yang dilakukan di pangkalan dengan HET Rp 18 ribu.

"Kalau sudah di warung itu diluar pengawasan dari kami. Namun akan kami telusuri warung ini mendapat pasokan dari mana. Jika kami temukan ada pangkalan yang menjual lebih dari satu maka kami akan merekomendasi kepada yang berwenang yakni agen untuk kemudian mereka menindaklanjuti dengan sanksi yang ada sesuai kerjasama antara keduanya. Kami pemerintah hanya sebagai pengawas," ujar Alfian.

Data 2018 kebutuhan tabung di Kota Kotamobagu 1160 tabung per hari atau sekitar 160 ribu tabung per bulan.

Jumlah agen ada dua. Jumlah pangkalan ada 276 titik di Kotamobagu. Jumlah Kepala Keluarga (KK) 31 ribu. "Rasio konsumsi yakni lima sampai enam tabung per bulan per kepala keluarga," ujar Alfian.

Lanjut Alfian, pada Jumat 3 Mei 2019 Pertamina telah mensuplai 8960 tabung per hari gas elpiji tiga kilogram itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi bulan ramadan ini.

"Sebelumnya hanya 6180 kuota untuk Kotamobagu per hari.
Distribusi mulai tanggal 5 kemarin," ujar Alfian.

Alfian kemudian mengimbau kepada masyarakat agar membeli per tabung. "Kepada masyarakat tetap tenang karena penyaluran setiap saat berlangsung normal. 

Diharapkan juga kepada pangkalan melayani masyarakat diberikan satu tabung," ujar dia. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved