Belanja Sambil Bermain Ponsel Bisa Bikin Kalap Mata

Situasi itu membuat mereka secara signifikan membeli lebih banyak item yang tidak direncanakan sebelumnya.

Belanja Sambil Bermain Ponsel Bisa Bikin Kalap Mata
shutterstock
ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Secara tidak disadari kita mungkin pernah mendorong-dorong troli di supermarket sambil bermain ponsel, misalnya membalas pesan ibumu, teman atau pacar.

Bahkan ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang dan dilakukan hingga troli terisi penuh dengan barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan, termasuk makanan tidak sehat.

Para peneliti melihat bahwa orang-orang yang kerap menggunakan ponsel mereka sambil berbelanja cenderung melakukan tugas-tugas yang tidak berhubungan dengan belanja mereka.

Seperti ngobrol dengan seseorang, mengecek email, mendengarkan lagu, atau bahkan bermain game.

Situasi itu membuat mereka secara signifikan membeli lebih banyak item yang tidak direncanakan sebelumnya, daripada mereka yang fokus belanja dan tidak menggunakan ponsel ketika berbelanja.

Akhirnya barang-barang yang dibeli tanpa rencana pun juga cenderung produk "hedonis", berlebihan atau tidak praktis.

Hal itu diungkapkan penulis studi Michael R. Sciandra, Ph.D., seorang asisten profesor pemasaran di Fairfield University di Connecticut .

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Marketing Science, jika kita hanya menggunakan ponsel untuk kegiatan yang berhubungan dengan belanja, kita cenderung tidak akan mengambil keputusan belanja yang menyimpang.

Misalnya, menggunakan ponsel untuk menghitung harga dan mencari kupon diskon.

Namun jika kita menggunakan ponsel untuk kegiatan lain, maka kita cenderung lebih mudah tergoda membeli barang yang di mata tampak menarik saja.

Halaman
123
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved