Kuliner

Bakpao Lezat Khas Kawangkoan di Rumah Kopi Legendaris

Untuk menikmati kuliner Biapong Kawangkoan, pengunjung bisa mendapatkannya di rumah kopi Toronata yang terletak di Jl. Raya Kawangkoan

Bakpao Lezat Khas Kawangkoan di Rumah Kopi Legendaris
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Kuliner Bakpao 

 Bakpao Lezat Khas Kawangkoan di Rumah Kopi Legendaris

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Rumah kopi Toronata Kawangkoan adalah satu dari beberapa rumah kopi tertua di Sulawesi Utara. Didirikan sejak 1950 dan menjadi tempat ngopi paling eksis hingga kini di Sulawesi Utara.

Selain menyajikan kopi hitam ataupun kopi susu, bakpao (biapong dalam bahasa lokal) sudah menjadi makanan ringan yang sangat dicintai oleh orang Minahasa.
Sedemikian populernya bakpao di Kawangkoan sehingga daerah tersebut memiliki ciri khas dan kearifan yang unik.

Bagi orang Minahasa, bakpao Kawangkoan tetap menjadi pilihan karena cita rasa dan kenikmatan yang berbeda dengan bakpao lain.

Untuk pembuatan kopinya diproses dari biji kopi Kotamobagu yang disimpan selama beberapa tahun dan disajikan dengan cara tradisional yaitu dengan cara direbus.

Baca: Biapong Tante Eske Maumbi di Kawasan Mega Mas, Beli Satu Graris Minum Kopi

Sebagai teman ngopi, roti bakar zaman dahulu juga bisa menjadi alternatif selain bakpao. Sejak lama rumah kopi Toronata Kawangkoan telah menjadi tempat wisata bagi warga Sulawesi Utara dan juga menjadi tempat kunjungan wajib turis domestik dan mancanegara apalagi sejak dibukanya obyek Bukit Kasih yang terletak tidak jauh dari Kawangkoan beberapa tahun lalu.

Toronata yang artinya dalam bahasa Totemboan adalah Manfaat Bersama, telah di kelolah oleh dua generasi dan kini produk khas mereka banyak di ekspor ke luar daerah, bahkan telah membuka cabang di Jakarta.

Untuk menikmati kuliner Biapong Kawangkoan, pengunjung bisa mendapatkannya di rumah kopi Toronata yang terletak di Jl. Raya Kawangkoan (BW Lapian Kelurahan Sendangan Tengah, Kecamatan Kawangkoan Utara, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Selain itu masih ada dua rumah kopi yang menjual Biapong Kawangkoan yang juga telah lama beroprasi, yakni Rumah Kopi Gembira dan Rumah Kopi Sarina. (eas)

Berita Populer: 7 Fakta Pembunuhan Andre Rimper di Bitung, Ditolong Tim Bangunkan Sahur hingga Tewas 9 Tikaman 

Penulis: Andreas Ruauw
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved