Pemilu

Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Sulut Diskors

Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang digelar Kom

Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Sulut Diskors
tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut Ardiles Mewoh saat memberikan keterangan kepada wartawan disela-sela pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi dan peetapan hasil penghitungan suara tingkat provinsi Sulut Pemilu 2019 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang digelar Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Sulut ditargetkan rampung pada pada Rabu (8/5/2019) untuk 15 kabupaten/kota se Sulut.

Ardiles Mewoh ketua KPU Sulut menjelaskan pihaknya telah melakukan pembagian dan mengatur jadwalnya, setiap hari mulai Senin (6/5/2019) hingga Rabu (8/5/2019) diisi oleh KPU di lima kabupaten/kota.

"Jika situasi pleno memungkinkan, bisa saja dipadatkan. Sambil perhatikan saat ini tengah masuk bulan suci ramadan, untuk rekan-rekan umat muslim menunaikan ibadah puasa," jelasnya.

Terkait proses rekapitulasi tingkat Kota Manado yang masih berlangsung dan belum rampung, Ardiles hakul yakin akan tetap berjalan dengan target paling lambat tanggal (7/5/2019) sudah harus selesai.

Guna memastikan pelaksanaan rapat pleno penghitungan di tingkat Kota Manado, terus berjalan dan terlaksana dengan baik pihak KPU Sulut melakukan supervisi terus sambil melaksana pleno di tingkat Provinsi.

"Jika melewati batas yang ditentukan akan di koordinasikan dengan bawaslu langkah apa yang akan diambil, tapi kami yakin teman-teman kabupaten/kota bisa menyelesaikan proses rekapitulasi sampai tanggal (7/5) selesai," tambahnya.

Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat provinsi Sulut Pemilu 2019, KPU melakukan rekapitulasi untuk empat jenis pemilihan DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan Pilpres tidak ada pembahasan untuk pemilihan DPRD kabupaten/kota.

Kalaupun ada penyampaian terkait pelaksanaan rekapitulasi penghitungan di DPRD Kabupaten/Kota pihaknya hanya akan mencatat, untuk pembahasan dan lain sebagainya sudah diselesaikan di kabupaten/kota. "Untuk masukan dan catatan silakan disampaikan tapi tidak akan dibahas," tegasnya.

Hingga berita ini dirangkum, jalannya proses rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat provinsi Sulut Pemilu 2019 baru menyelesaikan KPU Minahasa Tenggara (Mitra), Sitaro dan Tomohon.

"DA1 masih diselesaikan, akan skors untuk KPU Tomohon dan akan koreksi setelah kembali," kata Yessy Momongan komisioner KPU Sulut saat memimpin rapat pleno.

Sementara itu Ardiles Mewoh selaku ketua KPU Sulut dari balik meja pimpina sidang menyampaikan menskors pleno, karena teman-teman muslim akan sholat dan buka puasa.

"Skors mulai 17.30 wita dan kembali mulai 20.00 wita, target kami lima kabupaten/kota karena sampai sekarang baru tiga," kata Ardiles.

Jalannya rekapitulasi dan penetapan pun di skors. (crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved