Nasional

Jaringan Teroris Bekasi Berkaitan dengan Kejadian Bom Thamrin & Tragedi Mako Brimob

Diketahui kata Dedi kelompok pimpinan SL merupakan jaringan kelompok JAD lainnya di pulau Jaww pimpinan Zainul Arifin dan berada di bawah kelompok JAD

Jaringan Teroris Bekasi Berkaitan dengan Kejadian Bom Thamrin & Tragedi Mako Brimob
Tribun Jogja/Trubunnews.com
Lokasi Para terduga Teroris di Bekasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID -Kelompok teroris yang dibekuk di Bekasi dan Tegal dibawah pimpinan SL (34) alias Solikin yang juga pimpinan JAD Lampung, diketahui terlibat pula dalam penyerangan bom Thamrin, Jakarta, pada 2016 lalu serta kerusuhan di Mako Brimob pada 2018 lalu yang menewaskan lima anggota Densus 88.

Hal itu dikatakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (6/5/2019).

"Kelompok ini terutama pimpinannya atau leadernya yakni SL terlibat dalam perencanaan dan penyerangan Bom Thamrin serta kerusuhan Mako Brimob," kata Dedi.

Selain itu kata dia kelompok ini sudah dipantau sejak 2014.

Diketahui kata Dedi kelompok pimpinan SL merupakan jaringan kelompok JAD lainnya di pulau Jaww pimpinan Zainul Arifin dan berada di bawah kelompok JAD Indonesia pimpinan Oman Abdurahman.

Menurutnya pada 2015, SL alias Solikin sempat ikut pertemuan jaringan JAD di Malang.

"Dalam pertemuan memutuskan akan melakukan aksi terorisme di Jakarta, hingga terjadilah Bom Thamrin pada Januari 2016," kata Dedi.

Kelompok ini kemudian berpencar dan SL bersama kelompoknya tinggal berpindah.

"Kelompok dibawah SL ini juga terlibat dalam kerusuhan di Rutab Mako Brimob di Depok pada Mei 2018. Beberapa orang dari kelompok ini kemudian ditangkap Densus 88," katanya.

Sejumlah anggota Densus 88 Anti Teror melakukan penggerebekan terhadap dua terduga teroris di Kampung Pangkalan RT 11/04, Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/5/2019).
Sejumlah anggota Densus 88 Anti Teror melakukan penggerebekan terhadap dua terduga teroris di Kampung Pangkalan RT 11/04, Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/5/2019). (ISTIMEWA)

Saat itu kata dia beberapa anggota kelompok SL dari Lampung turun ke Jakarta untuk melakukan aksi amaliah juga.

Halaman
123
Editor: Frandi Piring
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved