P2P

Heri Harap KPU dan Bawaslu 'Kawal' Pelaksanaan Rekap dan Penetapan Hingga Tingkat Nasional

Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang

Heri Harap KPU dan Bawaslu 'Kawal' Pelaksanaan Rekap dan Penetapan Hingga Tingkat Nasional
tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Suasana pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat provinsi Sulut Pemilu 2019 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang digelar Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Sulut tengah berlangsung.

Mulai Senin (6/5/2019) dilaksanakan oleh KPU Sulut di Hotel Peninsula Manado, tidak lepas dari terselenggaranya pelaksanaan rakapaitulasi penghitungan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kemacatan hingga pleno di tingkat kabupaten kota.

Menurut Heri Sendouw tokoh masyarakat Kabupaten Minahasa Utara (Minut), menilai penyelenggara dalam hal ini KPU dan bawaslu Sulut harus menuntaskan hingga tahap rekap dan penetapan provinsi bahkan nasional.

"Ya, sejauh ini kami melihat di lapangan proses penghitungan dmulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga pleno kota kabupaten sudah berjalan dengan baik belum ada masalah khusus ataupun temuan, kalau pun ada bisa terselesaikan dengan baik oleh penyelenggara," jelas Heri Senin (6/5/2019).

Adapun dasar mengapa Heri mengambil kesimpulan tentang jalannya tahapan pemilu 2019 berlangsung dan terselenggara dengan baik, aman, lancar dan sangat demokratis?

Karena mulai dari tahap penghitungan ditingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten kota baik KPU Kabupaten Kota hingga saksi partai politik (parpol) peserta pemilu 2019.

"Inilah yang kami masyarakat harapkan, pemilu serentak pileg dan pileg pertama kalinya digelar boleh berlangsung jujur dan adil," tambahnya.

‎Pertimbangan lainnya KPU Kabupaten/Kota berserta para saksi dari partai politik sudah setuju dan menerima tahapan yang berlangsung.

Ini dibuktikan dengan menanda tangani sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota DPRD kabupaten/kota dari setiap tempat pemungutan suara (TPS) di daerah pemilihan dalam wilahan kecamatan diisi berdasarkan formulir model DAA 1 -plano-DPRD Kabupaten/Kota.

Kemudian sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota DPRD provinsi dari setiap desa/kelurahan dalam wilayah kecamatan pemilu 2019 diisi berdasarkan formulir model DA1-plano DPRD Provinsi.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved