Regional

Diungkap Jenis Bom Jaringan Teroris di Bekasi, Berdaya Ledak Besar & Sama Seperti Teror Bom Surabaya

Dengan bahan utama TATP katanya bom kelompok Solikin ini sama dengan bom yang digunakan para teroris di Surabaya pada Mei 2018 lalu.

Diungkap Jenis Bom Jaringan Teroris di Bekasi, Berdaya Ledak Besar & Sama Seperti Teror Bom Surabaya
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan pers soal pengungkapan kelompok teroris Bekasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Barang yang disita itu didapat dari penangkapan 6 orang terduga teroris di Bekasi dan Tegal pimpinan Solikin (34) alias SL, pada 4 dan 5 Mei 2019.

Selain itu juga disita sejumlah bahan lain yang juga menjadi campuran untuk bom rakitan. Totalnya ada 21 item barang bukti yang disita Densus 88.

Dari pemeriksaan diketahui bahwa semua bom yang dirakit para terduga teroris ini berbahan utama Triacetone Triperoxide (TATP) atau yang dikenal sebagai “The Mother of Satan”, karena efeknya yang sangat merusak, tidak mudah terdeteksi, daya sensitivitas tinggi dan mudah didapatkan di pasaran.

"Jadi bahan utama bom yang dirakit kelompok yang dipimpin SL ini adalah TATP atau Triacetone Triperoxide," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (6/5/2019).

Dengan bahan utama TATP katanya bom kelompok Solikin ini sama dengan bom yang digunakan para teroris di Surabaya pada Mei 2018 lalu.

"Komponen bom kelompok SL ini high explosive. Jenis bomnya ini hampir sama dengan bom yang digunakan pada saat serangan bom di Surabaya. Baik yang di tiga gereja maupun yang di Mapolrestabes Surabaya," kata Dedi.

Barang bukti dan bahan pembuat bom yang disita dari mereka kata Dedi ada 21 item.

Baca: 8 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88, 2 Orang Terduga Diamankan di Bitung Sulawesi Utara

Baca: Rencana & Keterlibatan Terduga Teroris di Sulawesi Utara, Diringkus Densus 88 Antiteror Polri Bitung

Mulai dari handphone sebagai detonator, serta bahan yang dijadikan bom mulai dari serbuk TATP, serbuk gergaji, serbuk campuran pupuk, serbuk korek api, timbangan, kotak bahan khusus untuk bom, gula, sisa ujicoba pembakaran, botol, tupperware, pisau, baterei panasonic, kertas mnyak dan lainnya.

Ia menjelaskan kelompok ini akan memanfaatkan gerakan massa atau aksi people power di pemilu ini dalam melakukan serangan.

Selain itu kelompok teroris Bekasi pimpinan Solikin ini juga berencana meledakkan dan menyerang pos polisi di Jati Asih, Bekasi.

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved