Dinas PU Boltim Seleksi 60 Kepala Keluarga Tempati 50 Unit Rumah Nelayan

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Tata Ruang Kabupaten Boltim, seleksi 60 kepala keluarga untuk tempati 50 unit rumah nelayan.

Dinas PU Boltim Seleksi 60 Kepala Keluarga Tempati 50 Unit Rumah Nelayan
Tribun Manado/Vendi lera
Sahrul Muis 

Dinas PU Boltim Seleksi 60 Kepala Keluarga Tempati 50 Unit Rumah Nelayan

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Tata Ruang Kabupaten Boltim, seleksi 60 kepala keluarga untuk tempati 50 unit rumah nelayan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Tata Ruang, Sahrul Muis mengatakan, 50 rumah bantuan dari pemerintah Pusat untuk nelayan telah selesai dibangun di desa Motongkad.

Rencananya Dinas Pekerjaan Umum Boltim, akan seleksi kembali nelayan yang akan menempati rumah yang dibangun mengunakan dana dari Dirjen Perumahan Rakyat, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) senilai Rp4,9 miliar.

Baca: KRONOLOGI LENGKAP Penangkapan 2 Terduga Teroris di Pelabuhan Bitung, Ditangkap Pagi Pukul 05.45 Wita

Data yang masuk ada 60 kepala keluarga, yang berada di daerah pesisir pantai Motongkad. Nantinya akan diverifikasi satu per satu siapa yang berhak menerimanya.

Setelah diverifikasi data tersebut akan diserahkan ke bupati, untuk dikeluarkan Surat Keputusan (SK) penyerahan rumah nelayan.

"Kami usahakan tahun ini sudah diserahkan rumah nelayan," ujar Sahrul Muis, Selasa (7/5/2019).

Dalam SK tersebut, akan mencatat diantaranya bagaimana prosedur kepemilikan rumah yakni rumah tidak bisa diperjual belikan, karena hanya hak pakai. Jadi nelayan bisa menempatinya kapan saja. Asalkan tidak boleh pindah tangan.

Dasri Potabuga, Nelayan Motongkad mengatakan, seleksi yang akan dilaksanakan pemerintah daerah (Pemda) harus transparan dan jangan pilih kasih.

Baca: 2 Terduga Teroris Ditangkap di Pelabuhan Bitung, Pengamat Sebut Bahaya Kecolongan di Jalur Transit

"Harus diperioritaskan nelayan yang tinggal di pinggir pantai dan belum miliki rumah," ujar Dasri Potabuga.

Lanjut dia, pemerintah daerah lebih selektif, jangan ada nelayan terima dua program yakni RTLH atau sejenisnya. Sehingga nelayan lain tidak kebagian. (Ven).

Penulis: Vendi Lera
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved