2 Terduga Teroris Ditangkap di Pelabuhan Bitung, Pengamat Sebut Bahaya Kecolongan di Jalur Transit

Mengenai dua terduga teroris yang ditangkap di Kota Bitung, Sulut, artinya selama ini Sulut menjadi jalur transit dan kecolongan

2 Terduga Teroris Ditangkap di Pelabuhan Bitung, Pengamat Sebut Bahaya Kecolongan di Jalur Transit
TRIBUNMANADO/JUFRY MANTAK
Pengamat Hukum Toar Palilingan 

2 Terduga Teroris Ditangkap di Bitung, Pengamat Sebut Bahaya Kecolongan di Jalur Transit

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pasca-penangkapan dua terduga teroris oleh Tim Gabungan Densus 88 dari Papua, Suluttenggo dan Tim Wanteror Sat Brimob Polda Sulut di pelabuhan Penumpang Samudera Bitung, Kamis (2/5/2019) lalu, pengamat hukum menyebut bahwa Sulut kebobolan.

Hal itu diungkapkan Toar Palilingan, Pengamat Hukum dan juga salah satu Dosen di Fakultas Hukum Unsrat kepada wartawan tribunmanado.co.id saat dihubungi lewat telepon pribadinya, Selasa (7/5/2019) tadi.

"Mengenai dua terduga teroris yang ditangkap di Kota Bitung, Sulut, artinya selama ini Sulut menjadi jalur transit dan kecolongan," ungkapnya.

Dijelaskannya juga, meski para terduga teroris ini tidak memiliki tujuan di Sulut, tidak menutup kemungkinan mereka membentuk sel di Kota Bitung.

Baca: 2 Terduga Teroris Ditangkap di Sulut, Kapolresta Manado Himbau Masyarakat Manado Tetap Tenang

Baca: Torang Kanal - Irene Tinangon Waswas dengan Penangkapan Terduga Teroris

"Ini merupakan kecolongan, sebab di Papua saja mereka buat sel, apalagi di Sulut," sesalnya.

"Dengan adanya penangkapan dua terduga teroris, dari segi keamanan kita bobol. Terutama perangkat desa, bahwa mereka tidak lagi mengontrol siapa yang tinggal di wilayah mereka," tambahnya.

Ditegaskannya, seharusnya para aparat desa jangan takut, lihat saja kalau ada yang sudah lewat dari 1x24 jam, aparat harus pertanyakan identitas yang bersangkutan.

Baca: KRONOLOGI LENGKAP Penangkapan 2 Terduga Teroris di Pelabuhan Bitung, Ditangkap Pagi Pukul 05.45 Wita

"Tidak usah takut atau malu. Itu sudah menjadi peraturan kita. Sudah saatnya pala-pala melakukan patroli di wilayahnya, jangan hanya fokus dengan pemilu," bebernya.

Ditambahkannya juga, aparat di wilayah penangkapan dua terduga teroris di Kota Bitung juga harus diperiksa.

"Masa mereka tidak tahu kalau sudah ada dua terduga teroris yang tinggal di wilayah mereka. Kepolisian harus periksa juga aparat di wilayah penangkapan tersebut," harapnya. (juf)

Penulis: Jufry Mantak
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved