Usulan Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Luar Jawa Didukung Ketua DPR

DPR akan mendukung rencana Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa.

Usulan Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Luar Jawa Didukung Ketua DPR
tribunnews
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR) akan mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) seusai buka puasa bersama pimpinan lembaga negara dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5/2019).

"Prinsipnya kami di DPR mendukung sejauh itu sudah dikaji secara matang," ucap Bamsoet.

Bamsoet menyakini, langkah tersebut pastinya sudah dilakukan dengan kajian yang mendalam dan nantinya tinggal ke tahap pelaksanaannya agar dilakukan secara hati-hati, karena hal ini bukan suatu hal yang mudah.

"Tadi kami diyakinkan oleh presiden bahwa ada cara-cara yang tidak membebankam APBN. Itu tugas daripada BUMN. Ya kita lihat sejauh mana konsep yang sudah dibuat Bappenas dan disingkornkan dengan Kementerian Keuangan, nanti kita bahas lagi di DPR," papar Bamsoet.

Baca: Ahmad Dhani Dipenjara, Mulan Jameela dan Safeea Nikmati Menu Sahur Siomay Bandung

Baca: Ini Barang Bukti yang Ditemukan KPK dalam Kasus Suap Hakim PN Balikpapan

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan rencana serius pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta, ke luar Pulau Jawa.

"Mumpung ketemu dengan ketua dan pimpinan lembaga-lembaga negara, saya ingin menyinggung sedikit hal yang berkaitan dengan pemindahan ibu kota. Kami serius dalam hal ini," ucap Jokowi sebagai kata pengantar sebelum berbuka puasa bersama.

Tahapan pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa sudah dilakukan kajian oleh Bappenas terkait sisi ekonomi, sosial, politik, dan lingkungan. Namun, lokasi pastinya belum dapat diumumkan saat ini.

"Kami nantinya akan menindaklanjuti, konsultasi tentu saja dengan lembaga negara yang terkait, baik dari sisi hukum maupun politiknya," ujarnya.

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bamsoet: DPR Akan Dukung Rencana Jokowi Pindahkan Ibu Kota

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved