Lima Bus Dishub Kotamobagu Masih Beroperasi Secara Gratis

Sejak dioperasikan 1 Maret 2019 untuk uji coba, hingga hari ini Senin (06/05/2019) lima bus bantuan Kementerian Perhubungan masih beroperasi gratis

Lima Bus Dishub Kotamobagu Masih Beroperasi Secara Gratis
Tribun manado / handhika dawangi
Sugiarto Yunus 

Lima Bus Dishub Kotamobagu Masih Beroperasi Secara Gratis

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sejak dioperasikan pada 1 Maret 2019 untuk uji coba, hingga hari ini Senin (06/05/2019) lima bus bantuan Kementerian Perhubungan masih beroperasi secara gratis di Kota Kotamobagu.

Masyarakat Kotamobagu masih bisa memanfaatkan bus yang hanya berhenti di shelter ini secara gratis.

"Masih tetap beroperasi secara gratis. Uji coba ini akan berlangsung selama masih pelat merah," ujar Sugiarto Yunus Sekretaris Dishub Kotamobagu kepada Tribun Manado, Senin (06/05/2019).

Lanjut Sugiarto, nantinya akan dikenakan tarif ketika proses pembuatan menjadi pelat kuning telah selesai.

Bus Rapid Transit (BRT) terus beroperasi uji coba pada waktu setiap pekan itu dari Senin hingga Sabtu. Mulai Pukul 06.00 Wita sampai Pukul 18.00 Wita.

Baca: Dishub Kotamobagu Tegaskan Sepanjang Jalan Ahmad Yani Dilarang Parkir

Baca: Kadishub Kotamobagu Tugaskan Lima Personelnya Jadi Sopir Bus Bantuan Kementerian Perhubungan

Lima bus beroperasi di dua koridor. Dua bus di koridor satu dan tiga bus di koridor dua.

Untuk koridor satu bus akan berjalan mulai dari Terminal Bonawang Mongkonai kemudian ke Mongkonai Induk, ke Mogondow, Molinow, Jalan Veteran, Matali, Jalan DC Manoppo arah Pobundayan, RSUD, hingga Balai Pengujian Kendaraan dan kembali ke jalur itu hingga ke Terminal Bonawang.

Untuk koridor dua bus berjalan mulai dari Lapangan Molinow, ke Jalan Adampe Dolot Mogolaing, ke Jalan Ahmad Yani, Jalan Arif Rahman Hakim Togop Depan SMA N 1, Jalan Siliwangi, Kotobangon, Polres Kotamobagu, Jalan Paloko, Jalan KS Tubun Sinindian, hingga ke Matali, dan kembali lagi ke jalur semula hingga Lapangan Molinow.

Dengan panjang rute 14.5 kilometer untuk koridor satu dan rute 15.8 kilometer untuk koridor dua, bus bisa sekitar 10 kali melewati jalur koridor.

Ada waktu istirahat untuk bus tersebut yakni Pukul 12.00 Wita sampai dengan Pukul 13.00 Wita.

Ada juga waktu tunggu di shelter yakni lima menit kalau ada penumpang dan kalau tidak ada penumpang waktu tunggunya 15 menit. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved