Pemilu 2019

KPU: Rekapitulasi Suara Pemilu Kabupaten/Kota Sudah Capai 60%, Tingkat Provinsi Menunggu

Komisioner KPU Ilham Saputra sebut rekapitulasi surat suara di tingkat kabupaten/kota sudah berkisar 60 persen. Tingkat Provinsi menunggu.

KPU: Rekapitulasi Suara Pemilu Kabupaten/Kota Sudah Capai 60%, Tingkat Provinsi Menunggu
Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)
Anggota Komisioner KPU Hasyim Asyari bersama Ilham Saputra saat melakukan pengecekan berkas rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilu luar negeri disaksikan oleh seluruh perwakilan partai politik, TKN 01, BPN 02, Bawaslu di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2019). Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara luar negeri rampung pada 8 Mei 2019. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisioner KPU Ilham Saputra mengklaim hasil rekapitulasi surat suara di tingkat kabupaten/kota telah mencapai 60 persen.

"Sampai saat ini per kemarin ada sekitar 60 persen kabupaten kota yang udah selesai rekapnya," katanya ditemui di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

 Ia mengatakan KPU tingkat provinsi bisa langsung melakukan tahapan rekapitulasi bila tingkat kabupaten/kota sudah merampungkan perhitungan perolehan suara.

Karena, kata Ilham, KPU ingin jadwal rekapitulasi tingkat nasional tidak terlambat. 

"Sehingga sesuai PKPU kami tidak perlu menanti seluruh kabupaten/kota untuk melakukan rekapitulasi selesai, provinsi bisa langsung mulai untuk melakukan rekap," tuturnya.

"Sebab kalau menunggu nanti terlambat. Kita khawatir tidak sampai waktu yang sudah dijadwalkan rekapitulasi ini oleh KPU RI," imbuhnya.

Baca: TERBARU pemilu2019.kpu.go.id Real Count KPU Pilpres 2019, 05/06 Pkl.12.30 WIB, Data Masuk 68,19266 %

Lebih lanjut, pada tingkat provinsi, Ilham menuturkan ada beberapa provinsi yang akan mulai melakukan rekapitulasi hari ini.

Ilham menyebut di antaranya yakni Provinsi Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Operasi sebagian sudah mulai seperti Jawa Timur hari ini udah mulai, kemudian di NTT juga akan mulai hari ini. Jadi sebagian besar mungkin besok baru akan mulai rekapitulasi provinsi," tandasnya.

Baca: Amalan-amalan Pelebur Dosa di Bulan Ramadan, hingga 8 Hal yang Bisa Batalkan Puasa, Apa Saja?

Baca: Koresponden Asing Masuk Kartanegara, Lakukan Press Breafing Info Terkini Pemilu Tanpa Sandiaga Uno

Tautan:  http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/05/06/komisioner-kpu-ilham-saputra-rekapitulasi-suara-pemilu-kabupatenkota-sudah-60-persen.

Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved