Pemilu 2019

KPU Mitra Pertama Selesaikan Rapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

KPU Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menjadi KPU yang pertama menyampaikan hasil rekapitulasi.

KPU Mitra Pertama Selesaikan Rapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi
TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
KPU Mitra bersama Bawaslu Mitra foto bersama usai menyampaikan hasil rekapitulasi penghitungan suara di rapat pleno Rakapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Provinsi Sulut pemilu 2019. 

KPU Mitra Pertama Selesaikan Rapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menjadi KPU yang pertama menyampaikan hasil rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada rapat pleno yang dilaksanakan KPU Provinsi Sulut di Peninsula Hotel Manado, Senin (06/05/2019).

"Kita harus bersinergi terlebih dahulu dengan semua stakeholder, bangun hubungan bagus bukan berarti kita berkonspirasi sama-sama sepakat laksanakan Pemilu di Mitra dengan baik dan dengan cara-cara yang tidak melanggar aturan. Berkat sinergitas ini menjadi alasan kenapa KPU Mitra menjadi pertama," kata Wolter Dotulong ketua KPU Mitra saat diwawancarai Tribunmanado.co.id usai menyampaikan hasil perolehan suara.

Dia menambahkan faktor lainnya yang membawa KPU Mitra sebagai KPU pertama se Kabupaten/Kota menyelesaikan hasil penghitungan di tingkat Kecamatan karena support pemerintah daerah menunjang dengan menyiapkan pos kesehatan, tempat pelaksanaan pemilu dan rekapitulasi.

Kemudian jajaran Polri - TNI sangat care dan peduli sehingga pelaksanaan tahapan Pemilu di Mitra bisa berjalan kondusif.

Dalam rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat provinsi Sulut, dilakukan pencocokan hasil perolehan dan penghitungan suara.

"Semua cocok, karena berjalan berjenjang dari bawah kita tidak saling mempersulit tetapi saling koreksi apabila ada yang salah dicegah ketimbang menindaki sehingga pelanggaran-pelanggaran kecil," tambahnya.

Selanjutnya usai pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan di tingkat provinsi, KPU akan menunggu hasil rekap tingkat Nasional akan di buka waktu untuk gugatan.

Setelah tahapan waktu untuk gugatan juga telah selesai, KPU Mitra masuk pada tahap penetapan kursi hasil Pemilu pileg 2019.

"Untuk waktunya masih menunggu hasil dari pusat," tandasnya.

(Tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

BERITA POPULER:

Baca: Dicairkan 24 Mei 2019, Berikut Besaran THR untuk PNS & Pensiunan

Baca: Malam Berhubungan Intim, Bolehkah Tetap Puasa Jika Belum Mandi Junub ?

Baca: Dukungan ke ODSK Membesar, Nasdem Coba Elly-Benny, Internal Golkar Wacanakan Tetty Dampingi Olly

TONTON JUGA:

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved