Agar Tubuh Tetap Prima Selama Beraktivitas di Bulan Puasa, Pililah Menu Makanan Tepat saat Sahur

"Protein bisa mencegah tubuh tidak lemas pada siang hari. Sehingga menjalani aktivitas tetap lancar," sambungnya.

Agar Tubuh Tetap Prima Selama Beraktivitas di Bulan Puasa, Pililah Menu Makanan Tepat saat Sahur
Istimewa
Ilustrasi makan sahur 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jangan gara-gara aktifitas yang melelahkan, malah menjadi hambatan untuk berpuasa. Ada. berbagai cara yang bisa dilakukan agar kondisi tetap fit selama berpuasa.

Puasa menjadi ibadah wajib bagi umat Muslim saat Ramadan. Ibadah puasa menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat yang punya rutinitas di luar ruangan.

Ketua Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumatera Utara dr Dedi Irawan Nasution mengatakan aktivitas luar ruangan pastinya memakan energi yang cukup banyak.

Makanya sebelum berpuasa hendaknya asupan gizi yang baik sangatlah diperlukan. Supaya kondisi tubuh tetap prima.

"Saat sahur kita harus mengonsumsi makanan yang cukup gizi. Jadi dalam makanan pokok kita itu harus ada sayuran, ikan, daging atau telur. Karena itu memiliki protein yang tinggi,” kata dr Dedi Irawan Nasution, Senin (6/5/2019).

Baca: Penemuan Mortir Bekas Perang Dunia II yang Dievakuasi dari Pulau Untung Jawa, Begini Kondisinya

"Protein bisa mencegah tubuh tidak lemas pada siang hari. Sehingga menjalani aktivitas tetap lancar," sambungnya.

Selain itu, Dedi menambahkan bahwa asupan cairan begitu dibutuhkan bagi kamu yang beraktivitas di luar ruangan. Karena cairan lebih cepat menurun saat kamu berada di luar ruangan.

“Usahakan perbanyak minum air saat sahur. Sehingga menjadi cadangan cairan saat siang hari. Minimal minum tiga gelas air saat sahur. Kekurangannya nanti ditutupi saat kita berbuka puasa hingga menjelang kita tidur,” beber Dedi.

Tips lain selama menjalani puasa, Dedi menyarankan agar tidak mengonsumsi makanan yang punya kadar minyak tinggi. Apalagi saat berbuka karena terkadang kita lebih banyak memakan goreng-gorengan.

“Usahakan makan-makanan yang segar. Misalnya sayur dan buah-buahan. Jangan lupa asupan cairan yang cukup supaya kamu tidak dehidrasi,” imbau Dedi.

Baca: Terpilih DPRD Minahasa Dapil 4, Lucia Taroreh Ucapkan Terima Kasih

Hal lain yang perlu kamu lakukan sebelum menjalani puasa adalah konsumsi multivitamin agar tubuh tetap fit.

"Upayakan mengonsumsi multivitamin selama berpuasa. Karena multivitamin bisa membantu kondisi tubuh tetap fit. Usahakan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B dan C," ungkap Dedi.

Baca: Sempat Perang Dingin, Lihat Ekspresi Ayu Ting Ting dan Luna Maya Saat Bertemu

Masih kata Dedi, yang paling penting adalah istirahat yang cukup. Karena 
istirahat berguna untuk mengembalikan stamina. Saat tubuh sudah benar-benar lelah dan habis stamina, sebaiknya istirahatkan tubuh sejenak.

“Terpenting, istirahat yang maksimal, akan menambah kualitas puasa. Karena badan bisa tetap fit saat berpuasa," jelas Dedi.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com http://medan.tribunnews.com/2019/05/06/tips-memilih-menu-makanan-saat-sahur-agar-tubuh-tetap-prima-selama-beraktivitas-di-bulan-puasa?page=all.

Editor: Gryfid Talumedun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved