Marhaban Ya Ramadan

8 Hal Bisa Batalkan Puasa, Mulai dari Muntah dengan Sengaja hingga Hukum Tidur Seharian Saat Puasa

Sebab selain harus melaksanakan kewajiban-kewajiban pada saat puasa,umat Islam juga dituntut untuk menjaga diri dari hal-hal yang dapat batalkan puasa

8 Hal Bisa Batalkan Puasa, Mulai dari Muntah dengan Sengaja hingga Hukum Tidur Seharian Saat Puasa
mnn.com
Ilustrasi Tidur 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Marhaban ya Ramadhan.

Kita telah memasuki bulan Ramadan 1440 Hijriyah atau 2019, umat Islam pun kini telah melakukan ibadah puasa hari pertama.

Seperti apakah yang menjadi penyebab batal puasa? atau hal-hal yang membatalkan puasa?

Sebab selain harus melaksanakan kewajiban-kewajiban pada saat puasa, umat Islam juga dituntut untuk menjaga diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Seperti dilansir dari NU.or.id di artikel berjudul 'Delapan Hal yang Membatalkan Puasa' yang ditulis oleh Ustadz M. Ali Zainal Abidin, pengajar di Pondok Pesantren Annuriyah Kaliwining Rambipuji Jember.

Dalam kitab Fath al-Qarib dijelaskan bahwa perkara yang dapat membatalkan puasa meliputi beberapa hal, antara lain:

Pertama, sampainya sesuatu ke dalam lubang tubuh dengan disengaja.

Maksudnya, puasa yang dijalankan seseorang akan batal ketika adanya benda (‘ain) yang masuk dalam salah satu lubang yang berpangkal pada organ bagian dalam yang dalam istilah fiqih biasa disebut dengan jauf. Seperti mulut, telinga, hidung. Benda tersebut masuk ke dalam jauf dengan kesengajaan dari diri seseorang.

Lubang (jauf) ini memiliki batas awal yang ketika benda melewati batas tersebut maka puasa menjadi batal, tapi selama belum melewatinya maka puasa tetap sah.

Dalam hidung, batas awalnya adalah bagian yang disebut dengan muntaha khaysum (pangkal insang) yang sejajar dengan mata; dalam telinga, yaitu bagian dalam yang sekiranya tidak telihat oleh mata; sedangkan dalam mulut, batas awalnya adalah tenggorokan yang biasa disebut dengan hulqum.

Halaman
1234
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved