Menyambut Ramadan

Sambut Ramadan, Warga Tabang Mandi Bersih di Sumber Mata Air

Minggu (05/05/2018) Pukul 16.00 Wita satu hari sebelum ramadan, Warga Desa Tabang Kecamatan Kotamobagu Selatan berbondong-bondong mendatangi Sumber Ma

Sambut Ramadan, Warga Tabang Mandi Bersih di Sumber Mata Air
Istimewa/Rahman Rahim Kompas TV Kotamobagu
Warga Desa Tabang Kecamatan Kotamobagu Selatan berbondong-bondong mendatangi Sumber Mata Air Kotaodan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Minggu (05/05/2018) Pukul 16.00 Wita satu hari sebelum ramadan, Warga Desa Tabang Kecamatan Kotamobagu Selatan berbondong-bondong mendatangi Sumber Mata Air Kotaodan.

Mereka mengikuti tradisi yang biasa dilakukan setiap menjelang ramadan. Namanya Tradisi Monggimbalu Kon Bulan yang artinya mandi bersama untuk menjemput bulan ramadan.

Tradisi yang dilakukan yakni mandi membersihkan diri di sumber mata air yang tidak pernah kering meski kemarau berkepanjangan. Mandi di mata air tersebut dipercaya akan membawa keberkahan.

Tradisi tersebut yakni untuk menyambut Bulan Ramadan 1440 Hijriyah. Tampak warga mulai dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan ikut tradisi turun temurun ini.

Sebelum mandi, warga disiram terlebih dahulu dengan air yang telah didoakan oleh imam. Dengan tradisi ini warga berharap selama menjalankan ibadah puasa selalu diberikan kesehatan dan rezeki  serta dijauhkan dari marabahaya oleh Allah SWT.

"Tradisini ini dilaksanakan hanya satu kali tiap tahun. Ini dilakukan agar tubuh kita bersih saat menjalankan ibadah di bulan ramadan serta diberi kesehatan, rezeki, dan dijauhkan dari marabahaya," ujar Tesi Makalungsenge, Warga Tabang. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved