Olly: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

1 Ramadan 1440 Hijriah yang jatuh pada Senin (6/5/2019) kalender Masehi. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengucapkan selamat

Olly: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
IST
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - 1 Ramadan 1440 Hijriah yang jatuh pada Senin (6/5/2019) kalender Masehi. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Sulut yang akan menunaikan ibadah puasa.

"Selamat datang bulan suci Ramadan 1440 H. Kepada seluruh kaum muslimin saya menyampaikan selamat menjalankan bulan suci Ramadan," ujar Gubernur, Minggu (5/5/2019).

Dia juga mengajak seluruh masyakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Supaya bagi masyarakat yang menjalankan ibadah, bisa berjalan dengan khusyuk dan khidmat. "Buat masyarakat nonmuslim, mari kita menghargai kerabat kita yang saat ini menjalankan ibadah puasa," kata Olly.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gofur berharap momen Ramadan akan mengukuhkan kerukunan antarumat beragama di Sulut.

"Mari kita saling menghormati, hormati umat Muslim yang menjalankan puasa, sebaliknya umat Muslim hormati umat lainnya yang tidak sedang berpuasa," kata dia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulut Abdul Rasyid berharap semangat kerukunan antarumat beragama di Sulut akan terjaga di bulan Ramadan. "Marilah kita perlihatkan semangat toleransi di bulan Ramadan, agar siapapun yang datang, baik wisatawan maupun pengunjung bisa dapat merasakan kedamaian dan kenyamanan selama berada di Manado," kata dia.

Pemantauan tim ruyat dan hisab Kemenag Sulut di lantai atas MTC Manado Minggu (5/5/2019) sore, tidak mendapati hilal.
Pemantauan tim ruyat dan hisab Kemenag Sulut di lantai atas MTC Manado Minggu (5/5/2019) sore, tidak mendapati hilal. (TRIBUNMANADO/ARTHUR ROMPIS)

Hilal tidak nampak di Manado. Pemantauan tim ruyat dan hisab Kemenag Sulut di lantai atas MTC Manado, Minggu (5/5/2019) sore, tidak mendapati hilal.

Rasyid menyatakan, hilal tak terlihat dikarenakan pencahayaan matahari sangat kuat. "Awan cerah tapi pencahayaan matahari sangat kuat," kata dia. Menurut dia, hilal sesungguhnya berpotensi terlihat dikarenakan ketinggian hilal berada di 4 derajat 51 menit 42 detik.

Awan juga cerah. "Hilal bisa diamati pada dari pukul 17.42 hingga 18.06. Namun hingga lewat pukul 18.06, hilal tidak juga muncul, langit kala itu masih cerah," kata dia.

Ia meminta umat menanti pengumuman pemerintah. Meski hilal tak nampak di Manado seperti yang ditargetkan, dirinya tetap berharap semangat kerukunan di Manado akan menggema.

"Di Manado semua rukun dan damai, semua agama hidup dalam persaudaraan, itulah yang hendak kita angkat," kata dia. (art/fer)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved